Abamectin untuk Cabe

Hama tungau dan thrips pada cabe, tidak bisa didiamkan begitu saja, apalagi dengan bahan organic, alamat bakal lama banget hilangnya. Pertama kali terkena keriting, cabe saya bentuknya tidak karuan. Langkah terakhir yang saya gunakan adalah mencari insentisida yang mengandung bahan aktif abamectin. Untuk merek, banyak kok yang ada di pasaran. Yang paling mahal menurut saya adalah merk Agrimec, hanya saja sebanding dengan kualitasnya yang cukup bagus.

Karena mahalnya kebangetan, saya memutuskan untuk membeli merek Demolish yang juga mengandung abamectin dan zat pengatur tumbuh juga. Hasilnya lumayan, walaupun baru terlihat hasilnya setelah empat kali penyemprotan. Saya semprot cabe 4 kali dalam 2 minggu, kira-kira sekali tiga hari. Jika hasil sudah cukup memuaskan, cukup ulangi 1 kali seminggu dan setelah itu satu kali sebulan.

Berikut adalah foto-foto hasil dari kerja keras abamectin, yang sudah mulai kelihatan pada cabe dirumah, walapun belum 100% pulih.

Sebelumnya

Sesudah

 

Sesudah

Sesudah

 

Sesudah

NB: Just Info, harga demolish 45 ribu/50 ml, sedangkan Agrimec 70 ribu/50 ml :D

About these ads

2 thoughts on “Abamectin untuk Cabe

  1. Ini adalah salah satu contoh dari banyak kejadian yang saya alami. Dan hari ini kejadian itu terulang lagi, bahkan dalam sehari terulang 3 kali. Ada petani yang konsultasi dan minta obat thrip. Tetapi sambil konsultasi ia sudah membawa catatan obat dari rumah. Anehnya obat yang diminta itu berbahan aktiv sama, hanya berbeda merk. Dan petani itu bersisikukuh minta obat tersebut. Seorang petani minta obat thrip merk agrimec dan bamec, bahkan seorang petani lagi minta agrimec, bamec dan demolish. Saya hanya bisa prihatin, kasihan sekali petani ini. Hal inilah yang terkadang tidak kita sadari yang membuat biaya budidaya cabe membengkak. Ketiga obat tersebut memiliki bahan aktiv yang sama yaitu abamectin dan yang pasti juga memiliki sasaran yang sama. Mari mendidik Petani Indonesia untuk menjadi PETANI CERDAS, jangan hanya dijadikan objek.

  2. kasihan juga kalo petani ga tau kandungan obatnya, taunya cuman merek… bahkan terkadang ketika sudah di kasih tau pun tetap ga yakin, karena resepnya udah turunan, padahal untuk beli pestisida aja mahal banget.. saya aja yang masih skala hoby, beli pestisida itu terasa berat :D
    apalagi jika untuk kebun cabe, udahlah pestisida nya mahal, jika tidak diiringi dengan harga cabe yang memuaskan, rugi petaninya :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s