Marapi

Marapi, Sebuah Pesona

Kondisi Umum

Dengan 2891,3 mdpl, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam ini memang mengundang pesona. Sebagai gunung paling aktif di wilayah Sumatera Barat, dengan potensi 7 buah kawah yang indah dan mengeluarkan asap belerang aktif. Marapi merupakan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun dari luar. Pada hari-hari libur, malam minggu, tahun baru dan 17 Agustus Marapi selalu ramai dikunjungi. Marapi sudah memiliki jalur tetap untuk para pendaki, sehingga memudahkan para pendaki untuk melakukan pendakian. Di gunung ini, terdapat bunga edelweis yang tumbuh bermekaran di sekitar lereng gunung, terutama di sekitar arah timur Puncak Merpati yang dikenal dengan Taman Edelweis.

Titik kordinat Marapi adalah Tugu Abel sedangkan puncak tertinggi dinamakan Puncak Merpati , dengan konsisi meruncing dan cukup sempit. Dari puncak Merpati ini kita bisa melihat ke hampir seluruh wilayah Sumbar, apalagi jika cuaca cerah kita bisa melihat Danau Singkarak, Samudra Hindia , seluruh wilayah Padang Panjang, Bukittinggi yang terkenal dengan Ngarai Sianok nya, sebagian Kota Payakumbuh dan Batusangkar . Dari puncak ini kita juga bisa melihat angkuhnya puncak Gunung Kerinci yang samar-samar kelihatan dari kejauhan. Gunung Talamau di Pasaman, dan gunung kembar Singgalang dan Tandikek.

Akses

Akses untuk mencapai Gunung Marapi cukup mudah, mengingat letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Bukittinggi dan kota Padang Panjang. Dari Padang atau bandara Ketaping menuju Gunung Merapi, butuh waktu sektar 1 ½ jam untuk sampai ke lokasi. Sedangkan jika bertolak dari Bukittinggi, butuh waktu sekitar 30 menit. Transportasi untuk mencapai lokasi dapat ditempuh melalui jalur darat, bisa menggunakan angkutan umum atau travel. Ongkos berkisar Rp. 20.000,- dari Padang dan Rp. 7.000 dari Bukittinggi (Update pasca BBM naik per 24 April 2008 )

Jalur

Untuk sampai ke Puncak Marapi, ada beberapa jalur yang ditempuh oleh pendaki. Namun pada umumnya adalah lewat jalur Koto Baru yang relatif mudah dan sudah sering di lalui pendaki pada umumnya. Namun jika ingin suasana adventure yang lebih menantang dapat melalui jalur desa Simabur di Kabupaten Tanah Datar dengan akses langsung ke taman edelweis dan puncak Merpati. Jalur lain adalah jalur baru Kacawali , dari daerah Bukittinggi.

_FIE_

18 thoughts on “Marapi

  1. hmmm… i thin’ is gonna be wonderful if i can go thr..
    trees..
    tracks..
    peak..
    fresh air..

    Wish i could be in thr ‘n prove what people said bout tha sensations in tha peak of mountain..

    Perhaps sumday i can be in thr..

  2. merapi emang indah
    dan menyimpan sebuah knangan yang tak terlupakan
    bgitu juga dgn misteri yang ada d sana
    ………………………………………..
    ………………………………………
    ……………………………………..
    kapan y bisa ksana lagi

  3. ada banyak pertanyaan yang berdatangan ..
    mengapa mendaki????
    ingin sekali ku tinggalkan aktifitas itu.
    namun itu hanya sebuah cerita ketika aku pengen tidur.
    tidak satu orangpun yang berhasil menceritakan bagaimana
    suasana pendakian digunung.
    gunung tetap disana.sampaikapanpun.
    he he….
    tlah lama gk naik gunung.jadi rindu untuk naik gunung
    karena disanalah segalanya…..
    ya karena gunung itu disana. . . . .
    mudah2an dipendakian berikutnya kita ketemu lagi. . . . .

  4. hi..salam kenal..
    berasal dr gugling catper kerinci, trus blogwalking dan nyampe disini..
    thx 4 sharing,
    C
    ===================
    Fie :

    Hai… lam kenal juga…. Wah., pengen donk ke kerinci, mau ksna mpe skrang lom jadi juga.😦

  5. cantik fie edelwise-nya ^^
    gunungnya juga…. jadi inget nivel 5 cm🙄
    ===============================
    Fie :

    Kalo liat yang aslinya, lebih cantik lagi😉

  6. fie,

    saya & teman2 di malaysia (10 org) mahu mendaki merapi tanggal 19 Apr. Butuh jurupandu arah dan potter. ada cadangan ?
    ==========
    Fie :

    Wah, kebetulan mungkin saya berangkat sebelum tanggal segitu. Kalo buat guide, saya bisa aja sih, cuman ga bisa tanggal segitu. Atau nanti saya bisa hubungi teman saya untuk menjadi guide, untuk porter saya ga ada rekomendasi, soalnya ga pernah make porter buat naik😀

  7. mungkin q baru pertama kali mendaki gunung..pi harapannya sih mo lagi naik ke puncak gi,,…
    “banyak pengal;aman yang berharga w dapet dari situ…..”
    kebetulan w naik dari tanah datar tepatnya d kec pariangan……..w naik ma temen sekitar 18 orang.
    waktu itu malam tahun baru 2009………
    katanya sih jalur d sni sulit d bandingkan dengan jalur lainya….
    pi allhamdlillah w sampai ga d puncak…sayang nya nih ngk sampai ke puncak merpati………….

    bagi bro bro sekalian yanfg mo mendaki good luck za…..
    pasti mantappppppppppppppppp………^_^
    ===========
    Fie :

    Wah, dari jalur simabur tu ya? gw pengen banget lewat sana, tapi belom jadi-jadi. gimana jalurnya? asik ga?

  8. terimakasih berbagi foto2 merapi.
    rindu puncak merapi dan semua keindahannya (kecuali sampah plastik dan botol kaca-nya…!)
    ==========
    Fie :

    Hohohohh…. sampah merapi makin banyak mas, sayang maren ga sempat ambil fotonya

  9. salam lestari..
    pesona marapi emg gak kalah ma gunung2 lain di indonesia..
    tp amat d sayangkan saat ini..
    apalagi dsaat acara2 besar (17an,taon baruan)
    dmana bnyak dtemukan pungli apalagi banyak sampah2 bertebaran. dtambah dgn maraknya maksiat.
    dlu wktu saya pendakian perdana tahun baru 2005 klo gak salah
    paz lg mo bkin camp dpesanggrahan, saya nemuin ALAT KONTRASEPSI. Klo bagi saya yg wktu tu masi dblg anak2 saya kaget bkan main.. weleh.. hari gni
    smoga semua ini dpat berubah.. dengan kesadaran kita masing2 tuk ngejaga kelestarian alam kita.
    trimakasi
    ============
    Fie :

    Iya, merapi udah menjamur untuk kegiatan maksiat sekarang ini. semoga hal ini dapat menjadi perhatian kita bersama

  10. kapan ndaki terakhir merapinya Phie ? Kami udah lama . . . . ngak ndaki . . . . . rindu juga . . . .
    ======
    Fie :

    Terakhir Juli 2009 maren bobi, heheh… mang iya si, selalu ada kerinduan buat balik ke sana

  11. aku orang simabur bagi kakak atau teman2 yang mo mndaki lewat jalur simabur(pariangan) nanti gampang aja cman ngeluarin kocek rp’3000 buat ojek……..untuk mengntar kan kita ke pintu angin,pintu angin itu adalah sebutan jalan untuk kita menuju genung merapi

    bagi kakak ato temen yg udh pernah naik lwt sanan
    tentu di sana ada nma nya jenjang seribu

    kalo ntar kalian lewat sana lagi…hati2 akar2 pohon dan tanah tmpat kita mnginjak sudah agak licin dan berlumut.

    tgl 17 april 2010 kmarin saya mengunjungi nya

    itu adalah kunjungn yang ke 35 kali bagi saya……..
    tpii knapa ya ga bosen2😀

    bagi yg ska adventure silakan aja lewat nagari simabur …………………oke 8|
    🙂
    thx all
    =======
    Fie :

    wow…. 35 kali? ga bosen? niat banget neh ke merapi mpe sering banget… :D…
    btw aku lom pernah nyoba lewat sana, katanya banyak pacet yah? jadi pengen deh, nyobain tantangan baru…

  12. salam lestari pak.. buk… mendaki merapai sangat damai terasa apa lagi ketika turun dengan sedikit berlari penuh tantangan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s