Catper #1

27 – 28 Juli 2007

Sebuah Episode Singkat di Marapi

26 Juli 2007

Gw masukin semua yang gw butuh dalam cariel (kecil sih, 60 ltr). Alamak…. Belum masuk logis udah penuh kayaknya. Gimana besok dimasukin nasting, tempat air ma logis? Hikzzz…….

27 Juli 2007

Mendung dan hujan dari pagi menampakkan diri. ”Fie, Zy dah berangkat” sms teman gw dari Jambi. Ah, anak Jambi aja ga tahu cuaca kayak apa yang bakal dihadapi nanti. Keep optimist, guys….. mudah-mudahan tar sore cuaca cerah. Dan gw juga udah bosan di wanti-wanti buat ngebatalin perjalanan aja ma kakak gw. Ga usah naik aja, hari hujan!!! Sebellll!!!!….

Minjam nasting ma temen, eh…. susah nemunya. Jam 3 sore baru ketemu tu nasting. Adawww….. bayangin kalo ga ketemu, terpaksa pake periuk. Maklum.. pendaki amatiran, ga ada barang-barang trek yang lengkap. Hehehehe……

Gw masih masuk kerja sampai jam 4 sore. Sambil smsan ma Zi, gw berdebar-debar. Bakalan kayak apa ya perjalanan gw ntar?😕 Ah ga usah dipikirin…. jam 3 sore, cuaca berangsur pulih, kabut menjauh, hujan pun kabur. Alhamdulillah, alamat ga becek jalanan tar. Gw dah kapok mah naik gunung pas hujan…… ga enak banget rasanya bermandikan hujan…. ingat Agustus 2005, naik bareng Arief and fren pas turun hari hujan. Kacau dehh….

Jam 4 sore habis ngambil nasting di rumah Bang Heru, gw cabut ke pasar buat cari logis, beli film (ga da duwit buat beli digital), cemilan cepuluh (terutama coklat), hehehe….. jam 5 sore gw sampe rumah. ”Fie, Zy dah di Koto Baru, ini lagi duduk- duduk di tepi jalan” wew,…. gw mandi aja belom!!! Ah ga usah mandi aja, dah pake deodoran aja, hikzzz…. ga sempat guys. Dengan bantuan nyokap akhirnya selesai juga gw packing, carielnya dah penuh banget. Aduhh…. kayak apa gw nyandang cariel tar?

<5.25 gw start from house, bete juga sih banyak yang tanya-tanya di jalanan gara-gara gw nenteng cariel gede. Mau camping… ha????? Camping kemana? Gw terus berlalu tanpa menjawab. Bukan urusan loe x,….and gw dah bosan ma orang-orang yang mau tau aja urusan gw…..

5.35 gw diatas angkot. Ditanyain ma Bapak-bapak, ”Mau kemana dek?” gw jawab asal. ”Mau ke Padang pak”, ”naik apa ke Padang”

”Travel” jawab gw sekenanya. Sampe di terminal, yang bapak-bapak tadi nyeletuk ”Mobil ke Bukitinggi di sini di mana ya dek?”

Muka gw sempat memerah…. ”Alamak…. gw kan kudu naik mobil ke Bukitinggi juga? Kalo bareng tar dikirain gw boong, aduhh.. gimana nih????

”Kalo mau cepat, naik mobil deket sana aja Pak. Langsung berangkat. Kalo nungguin di terminal, lama penuhnya” Alasan gw. Dan Bapak-bapak itu mau aja, mungkin buru-buru kali ya? Selamat!!!! Kapan-kapan gw ga mau lagi nyandang cariel gede ini, bawa daypack aja deh, yang lain disuruh temen bawa, (curang nih).

Jam 6 angkotnya blom penuh juga. 6.15 berangkat ke Koto Baru. Ada adik kelas dalam angkot, gw diam-diam aja. Paling juga ga kenal tampang gw sekarang, hehehe…. setengah tujuh lebih sampe mesjid Koto Baru. Ada dua orang cowok lagi duduk di pinggir jalan, yang satunya lagi berdiri sambil pegang HP. Gw miscall dulu, ga denger juga sih bunyi pa ga HP nya, yang jelas gw dah yakin aja itu mereka (blom pernah ketemu masalahnya). Gw hampiri, ”Ozy ya?” yup, kenalan.

”Yuk, kita mangkal di pasar aja” kata Zy sambil nyandang carielnya. Satunya lagi Taufik juga bawa cariel, and cowok yang atunya lagi Ahmad bawa dua buah daypack. Nyampe di pasar (dah ga ada yang jualan) gw dikasih oleh-oleh dari Kerinci, Dodol Kentang, hehe….. enak juga. Sambil nunggu waktu buat naik kita makan malam and packing, beli tempat air and logis.

Ga lama abis itu datang rombongan lagi (5 orang), eh malah ngotot ngajak ke Singgalang. What’s up? Katanya di Merapi ada badai. Kalo kemaren sih emang iya kali, wong sekarang cerah-cerah aja tuh, akhirnya setelah bincang-bincang kita memutuskan untuk tetap ke Marapi.

Jam setengah delapan mulai trek, lewat jalan pintas. Awalnya sih ga capek, hampir memasuki pintu rimba gw mulai letih. Dengan berberat hati Ahmad ngebawain cariel gw and satu daypacknya gw ambil alih. Ngelapor di pos pendaftaran, and stay moving sampil sesekali ngos-ngosan jalan sama anak-anak yang staminanya, wuih…… tancap gas terus….. cape de…..

Sampe di jembatan, ngambil persediaan air. Rencananya sih nge camp and trek agak dua hari, tapi kayaknya ga bisa juga. Sumber air cuman satu itu, dan masih di bawah juga. Ga mungkin bisa ngecamp diatas, and besok baru naik. Kalo mau dua hari campnya dekat sumber air itu tadi (merapi ga kaya singgalang yang lumayan banyak sumber air nya di sepanjang perjalanan).

Lewat dari pesanggrahan dikit, gw dah ngos-ngosan lagi. ”Ya udah, itu daypack biar Fik yang bawa” kata Taufik. Gw jadi ngerepotin mulu, tapi dengan senang hati gw kasih ma Taufik yang gantian bawa ma Zy. Jadilah akhirnya gw cuman nenteng derigen kecil di perjalanan. Sambil ngikutin Ahmad yang jadi leader (walau satu kali naik merapi, jalannya kan clear banget) yang staminanya ga abis-abis. Minum apa sih😕 Belakangan gw tahu kalo dia atlet panjat tebing!!! Pantesan!!!

Target jam 12 sampe cadas kayaknya ga tercapai. Bentar-bentar gw brenti. Mungkin sikon badan rada lemah soalnya…….. ya gitu deh……. Jam 2 kita cari tempat camp. Sebenarnya gw dah mulai semangat buat sampe cadas, karena pengen liat sunrise esok pagi. Tapi yang lain dah pada letih and Taufik drop karena sering brenti di jalan.

Ok lah, kita bikin camp. Tenda ready gw masuk ke sleeping bag (bawaan Ozy) and nungguin Zy yang lagi masak. Minum kopi, and makan mie rebus pedasssss (orang minang kok takut pedas?) emang dah penyakit kali, kalo naik gunung, bibir ma lidah gw pasti jadi perih and pecah-pecah. Gw ga doyan make lip balm (make up aja kagak!), makanya……. lagi bikin camp ada dua bule sama guidenya yang naik mau ngejar sunrise.

Jam tiga tidur dengan rencana paling lambat setengah lima dah trek mau ke puncak. Jam empat gw dah bangunin tapi masih molor. Jadilah dengan usaha dan kerja keras, kita trek lagi jam 5 lewat setelah melewatkan waktu dengan secangkir kopi dan makan. Dingin mulai menyergap. Dengan modal jaket tiga lapis kita berangkat menuju puncak. Biar ga terkejar sunrise, di cadas udah mulai terlihat pemandangan yang wow… kereeennn…. ketemu bule Belanda, and take two pics. Awan bergulung-gulung putih di bawah sana seakan mau menyelimuti gunung singgalang di seberang sambil bertanya “eh, anak-anak yang naik singgalang semalam dah sampe mana ya kira-kira?”, and the photographer take the action!!!! Jepret-jepret…. Hehehehhe….. and a road tu summit dengan diselingi lagunya, “SPONGE BOB SQUARE PANTS, SPONGE BOB SQUARE PANTS” hihihi..

Perjalanan ke puncak agak lambat karena terpesona sama alam yang memukau di bawah sana. Jam tujuh sampe di tugu Abel Tasman. Minum, ngemil and take some photos,uh…. kereennnnnn banget view nya…..

Jalan ke kawah trus turun ke edelweis park (sayangnya ga lagi mekar), nyambi nahan bau belerang yang bau banget…. Melirik ke kawah kedua yang tertutup di balik tanjakan, kawah ketiga yang bulat lebar and kawah ke empat yang kecil yang masih nyembur dengan suara letupan kecil seperti air mendidih. Ngambil foto di edelweiss, metik bunga (bukan pencinta alam yang baik!) and jalan ke kawah ketiga lalu naik lagi ke puncak, uh… turunnya enak, naiknya lagi bikin sengsara. Kaki gw dah capek banget….

Sampe puncak, jalan di telaga pasir sambil ninggalin jejak dengan loncat-loncat (kerjaan siapa tuh?), ngambil foto-foto, break sejenak, makan seadanya and mutusin buat balik ke camp and down to the earth. Duh, jadi ga pengen pulang!!!.

Jam 10 turun dengan perlahan-lahan sambil memuji keindahan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Jam 12 sampe lagi di camp, masak nasi and mie goreng yang disulap jadi mie rebus, minum kopi and packing. Setengah dua mulai turun, and ada pendaki lain yang mau naik.

Kita turun sambil becanda dan kadang diam dalam perjalanan. Mencoba mengambil makna dari setiap dentingan ranting yang kami injak (cieee…).

Jam 4.00 lewat dikit kita sampe di Koto Baru, anak-anak pada sibuk nyari sikat gigi and odol, hehehe….. gw haus…. mau minum, eh ada cacing mungil nongol dari derigen, hiiiiii….. ga jadi minum deh….

Habis itu makan bakso bareng. Jam 5.00 lewat ready to go home, yang lain mau ke Padang, gw mau pulang ke rumah.

Duhh…. Jadi sedih nih pisah. Gw ga akan pernah lupa sama crew2 Jambi yang menyenangkan. I’ll never forget all you guys…. kapan nih kita trek bareng lagii??? Kangen ma kalian semuanya. ………………..

Jam setengah tujuh gw sampe rumah and langsung terkapar. Good nite…..

7 thoughts on “Catper #1

  1. That was a wonderful journey😀

    banyak sih tulisan yg bertemakan “catper” cm ga ada yg bisa ngasih kemasan tulisan kek gini. Klo saja seseorang membaca tulisan ini..saya yakin walau mereka bukanlah pendaki gunung namun bisa memacu rasa penasaran mereka akan sensasi sebuah pendakian (bener ga seh..?? :))

    Masih dengan diksi² yang unik dan terkesan gampang dicerna (hehehe…:D) , will you always write the journey of all your expeditions in here? Perhaps it could be a great story for everyone who will come in to your blog🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s