Social Engineering

Social Engineering in Cyber World : Seberapa Pentingkah Buat Anda?

Seberapa penting kah sebuah sikap dan attitude buat anda dalam berselancar di dunia maya? Mau tidak mau, sebuah sikap, dimanapun dalam dalam kondisi apapun tetap menentukan sebuah penilaian dan konsekuensi akan setiap tindakan.

Seorang teman saya pernah berkata. “Ga apa-apa kali, kalo kita ngomongnya rada kurang ajar dikit. Toh, juga dia tidak kenal dengan kita” salah satu komentar nya ketika chatting.

Saya hanya heran, tidak inginkah kita membentuk sebuah relasi dan hubungan baik dengan siapapun? Bukankah dengan banyak relasi, bisa menjadi kontribusi untuk kita dalam melakukan apapun dan pergi kemanapun?

Sebenarnya, sebuah hubungan di dunia maya tak jauh beda dengan dunia nyata. Sebuah kata-kata yang sopan, sikap yang baik, kontrol diri yang baik itu tetap berpengaruh dalam penilaian orang, siapapun itu walaupun belum pernah kenal sama sekali dalam dunia nyata, yang selama ini hanya terjalin lewat media chat, browser dan seperangkat komputer dan jaringan.

Etika di Internet dikenal dengan istilah Netiquette (Network Etiquette), yaitu semacam tatakrama dalam menggunakan Internet. Namanya juga etika, lebih erat kaitannya dengan kepribadian masing-masing. Jadi tak semua pengguna Internet mentaati aturan tersebut. Namun ada baiknya jika kita mengetahui dan menerapkannya.

Serba bebas, tanpa batas, itulah informasi di Internet. Tetapi ketika ada pertanyaan, apakah pengguna Internet juga menjadi serba bebas? Belum tentu. Ketika manusia berkomunikasi, sekalipun menggunakan piranti digital tanpa tatap-muka, masalah perasaan tak pernah ditanggalkan. Dan komputer paling canggih pun tak akan mampu untuk menangani masalah perasaan tersebut.

Bahasa yang sopan, ga “nge-jablak”, yang tidak menyinggung perasaan orang lain akan sangat berpengaruh sekali dalam menjalin sebuah human relationship dan cyber relationship yang baik. Ketika kita ingin dihargai orang lain, maka hargai lah orang lain terlebih dahulu. Sebuah rangkaian kata-kata dalam sebuah kalimat, walaupun tidak terucap secara langsung dan hanya muncul di layar sekian inci dari monitor kita adalah cerminan pribadi kita secara tidak langsung.

So, ingin dihargai atau tidak kah anda dalam dunia cyber? Mulailah belajar untuk menghargai orang lain dan mencerminkan sikap yang baik sebelum kita menuntut untuk dihargai orang lain. Tentunya semua tergantung anda, mau membina hubungan yang baik atau buruk? It’s all yours…

One thought on “Social Engineering

  1. setuju tuh neng..

    banyakan di dunia cyber lebih ke anarkis dan sombongnya.. padahal seingat saya sih..Klhalid Mardam dan YAhoo atopun MSN bikin aplikasi buat chat tujuannya bkn buat nyari musuh deh..

    Viva server irc.indoirc.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s