Web VS Blog

Web VS Blog

www

Lama-lama lebih kerasa enak ngeblog dari pada ngeweb. Dan akhirnya bisa ditebak, web yang dulu saya kerjakan dengan serba kilat (karena penasaran sama cms nya) jadi terlantar. Ahh, bagaimana kabar dirimu nak?

blog Apa enaknya ngeblog buat saya? Yang jelas lebih gampang buat me manage nya. Tinggal ngatur dikit-dikit sana sini dengan fitur-fitur yang sudah disediakannya. Berbeda dengan web, yang kudu bikin dari awal dan harus diatur mulai dari awal. Yahh, cape deh… Lagian saya juga jarang posting kok, ehehe…. 🙂 Belum lagi soal security yang jadi persoalan, karena saya ga ngerti sama sekali, mendingan pake blog, ga pusing-pusing sama security sama sekali dan masalah patching dan update sana sini. BTW, patch apaan si? Kok saya baru dengar ya?

Menurut bang Wiki, kalo dalam bahasa kampung saya kira-kira diartikan bahwa blog adalah :

Sebuah blog (panjangnya adalah web log) adalah sebuah website, biasanya di kelola oleh individu dengan entry-entry yang umum seperti komentar, deksripsi peristiwa atau materi lain seperti gambar atau video. Entry pada umumnya ditampilkan dalam kronologis yang mengacu pada beberapa hal. “Blog” juga bisa digunakan sebagai kata kerja, yang artinya untuk mengatur atau memasukkan isi ke dalam suatu blog.

Dalam sebuah blog, kita menggunakan nama domain penyedia layanan blog di belakang domain atau nama kita. Misalnya saja, http://www.abdc.wordpress.com atau http://www.abcd.blogspot.com dengan artian bahwa wordpress atau blogspot adalah penyedia layanan blog yang kita pakai. Dengan arti kata, penyedia layanan blog akan mendompleng di URL blog yang akan diakses nanti. Beneran ga ya, kek gitu bahasanya? Ah bingung sama bahasa-bahasa IT. Cape deh..

Perbedaan lain nya adalah, masalah tema. Tema yang bisa kita gunakan sudah disediakan oleh penyedia layanan. Tinggal bagaimana kita mengambil tema yang menurut kita bagus atau cocok. Kalo ga ada yang bagus menurut kita? Ya bagaimana lagi, kudu pilih salah satu atau menggunakan tema default yang udah di seting ama mereka.

Mengelola blog lebih mudah dibandingkan dengan web. Mulai dari mengisi kontent atau membuat widget tambahan. Cukup dengan menulis seperti biasa, atau kalau yang ingin lebih rumit adalah dengan memakai penulisan HTML atau Javascript dan Flash (buat layanan yang support) dan php.

Nah, bagaimana dengan web?

Website adalah : kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada didalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah web page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Kalo yang rumitnya kita kelola mulai dari layanan hosting yang kita pakai juga soal domain nya. Web yang keren, kedua hal diatas kudu dibeli untuk mendapatkannya. Meskipun juga ada beberapa situs yang menyediakan domain gratis. Trus, dari mana mereka dapetin dana buat mengembangkan usaha mereka? Salah satu cara adalah dengan donasi dan beberapa cara lain yang tidak perlu kita pikirkan. Simpelnya mendapatkan nama domain yang menarik seperti dot com, dot net, dot org atau dot info dan banyak dot dot yang lainnya (bukan dot bayi lho yah).😀 Domain ini akan kita gunakan sebagai alamat web nya kita. Misalnya http://www.webgue.com, http://www.perusahaangue.org dan lain sebagainya. Mau yang keren? Cari aja sendiri yahh.

Lalu bagaimana dengan hosting? Hosting yang biasanya dibeli pertahun (ada yang gratis) atau biasa adalah disebut sebagai web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data – data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file – file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web. Tiap-tiap hosting memiliki kapasitas space atau bandwith tersendiri tergantung pilihan kita. Kalo web yang akan kita bikin gede dan banyak isinya, lebih baik memilih hosting dengan kapasitas yang besar donk?

Hosting juga memiliki fasilitas-fasilitas seperti Fantastico yang merupakan plug-in dari CPANEL merupakan fasilitas installasi script – script yang populer secara otomatis. Anda tidak perlu mendownload source script, menguploadnya kembali ke account web hosting Anda, mengkonfigurasi, dan hal – hal lain yang cukup merepotkan dan menghabiskan waktu. Namun, tentu saja tidak semua CMS yang biasa digunakan dalam sebuah web sudah ada di dalam fantastico ini. Jika kita mau memakai cms yang belum ada terdapat dalam fantastico, tentu saja kudu upload manual dengan FTP menggunakan aplikasi Filezilla dan semacamnya.CMIIW

Buat masalah template atau thema, pintar-pintar kita aja nyari tema yang banyak tersedia gratis di web-web penyedia tema. Bisa gratis, bisa juga beli buat tema yang lebih keren. Tema ini bisa kita cari berdasarkan CMS yang kita pakai. Mau itu joomla, drupal, php dan sebagainya. Mau tau seperti apa tema nya? Googling first.😀

Jadi, manakah yang anda pilih antara blog dan web? Masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Buat yang pengen belajar bikin manajemen web, mending pake web aja biar lebih rumitan dikit. Kalo blog kan rada gampang, buat registrasinya aja 10 menit dah selesai. Tul ga? 🙂

Tapi buat yang sering terkendala dengan waktu untuk mengisi content, mendingan bikin blog aja, selain isi nya lebih bebas dan bisa sesuka hati kita, lebih gampang juga buat manage nya.

Setidaknya tulisan di atas adalah beberapa perbedaan dasar yang menjembatani antara blog dan website, dan masih banyak perbedaan lainnya yang bisa lebih rumit dan lebih gampang, tergantung bagaimana kita memandangnya dan menjalaninya.

So, let’s fun …😀

7 thoughts on “Web VS Blog

  1. web or blog.. tergantung fungsinya dulu dong Fie..🙂
    pada dasarnya sih web itu bukan buat hal² yg sifatnya sepele (saya ga bilang blog itu sepele lho yahh..:D)
    web memang meminta alokasi waktu dan manajemen yg lebih jika dibandingkan dengan blog…
    so intinya.. klo buat pribadi sih baik nya bikin blog..
    tp klo dah money oriented..mending pake web ajah..😉

  2. wordpress? kek nya blogspot jg lebih nyaman deh..theme nya jg variatif..

    multiply jg ga bisa di singkirkan dg mudah lho..krn fiturnya lebih lengkap..😀

    cum oonn..open your minded..🙂

  3. #aryanesa
    iya sih bro, blogspot lebih variatif. cuman itu tergantung sama pilihan masing-masing ajah. buat yang lebih mengedepankan soal template dan tampilan, blogspot emang banyak pilihan. buat tampilan web sederhana dan cenderung mengarah pada tulisan,. wordpress is the best choice. nah kalo mulyiply, itu buat yang doyan video ma imaging. CMIIW

  4. i just wanna say……………………………..i love u…….(diracuni ama melly goeslaw)
    eh salah….kamsudnya i just say Web For my experience.
    learn….learn…..and learnnnn.
    simpel dan instant kadang membuat kita bodoh……
    tapi up to you….
    semua dikembalikan lagi ama diri lo….
    mo aman dan simpel ya nge blog aja, tapi mo rumit dikit, belajar dan jadi satpam biar ga dijaili ya silahkan make web…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s