Share

Communicate, Speak and Talk

How Important Are They?

talking

Pernahkah anda mengalami situasi dimana di lingkungan kerja anda, komunikasi tidak terjalin dengan baik? Dengan asumsi anda adalah seorang bawahan, dan boss anda tidak mau tau tentang bagaimana kondisi pekerjaan anda? Boss anda hanya pengen tau beres saja dengan hasil pekerjaan anda, dan tidak mau tau bagaimana proses anda mengerjakannya, apakah susah atau senang dan bahkan melewati proses yang berliku. Dan pada awal bulan berikutnya nanti, dia hanya memberikan slip gaji atau bukti transfer bahwa gaji anda bulan ini telah di setor ke dalam rekening anda. Sanggupkan anda melewati proses kerja yang seperti demikian? Karena setahu saya, untuk menjadi nyaman dengan pekerjaan anda, bukan hanya dihitung dari hal materi dan kompensasi yang akan kita dapatkan tiap bulan, namun juga membangun komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan lingkungan kerja apakah itu dengan atasan, bawahan dan rekan kerja anda.

Sampai saat ini, saya telah bekerja di internet cafe selama lebih kurang 2 tahun. Hal inilah yang saya lalui tiap hari. Atasan cuman mau tau hasil beres, ga peduli dengan kondisi karyawannya. Jam kerja yang tidak teratur, dan tidak ada penghargaan atas kerja keras orang lain. Dalam hal ini, dedikasi tidak lagi menjadi perhatian penting buat dia. Belum lagi kondisi dengan rekan kerja yang terkadang membuat kita menjadi under pressure. Kondisi pekerjaan dan hasil yang tidak seimbang membuat saya terkadang jengkel, pengen membangkang dari kondisi seperti ini. Lain hal jika memang wewenang untuk manajemen dan pengurusan udah dilimpahkan kepada salah seorang karyawannya. Kalo kek gitu, tentu saja lain cerita kan?

Setahu saya komunikasi memiliki arti yang penting dalam segala macam organisasi, baik organisasi berorientasi bisnis maupun organisasi nirlaba. Tanpa komunikasi organisasi tidak dapat menjalankan fungsinya. Sedemikian pentingnya komunikasi bagi suatu organisasi sehingga ia merupakan sumber kehidupan organisasi, yaitu sebagai pengendalian, motivasi, pengungkapan emosional, dan informasi.

Nah, bagaimana jika hal tersebut tidak berjalan dengan baik? Akan ada semacam ketidakseimbangan, pelimpahan wewenang yang tidak wajar, membuat depresi yang ujung-ujungnya berakibat pada kinerja karyawan, dan bahkan bisa menimbulkan kesemena-menaan dalam lingkungan kerja.

Bagaimana informasi bisa didapatkan, dan emosional bisa diungkapkan, jika saling tidak mengerti? Ahh…. Untuk memulai komunikasi sama boss aja sulitnya minta ampun, mana sering dicuekin dan sering dianggap anak kecil yang tidak tahu apa-apa. Hal ini yang sering memberikan beban, bukan saja beban pekerjaan tapi lebih ke tekanan mental. How could i?😦

One thought on “Share

  1. uli juga tidak sampai hati melihat fie kerja seperti kondisi sekarang. bicarakan keluhan fie ke pak boss. jangan ditahan-tahan fie, imbasnya ke kesehatanmu sendiri. bicarakan dengan baik dari hati ke hati. dari sini pak boss bisa melihat seorang fie bukanlah anak kecil yang tidak tau apa-apa. siapa tau pak boss mau mengerti. Keputusan ditanganmu fie.
    o ya… nanti ngomongnya baik2 ya, jangan cuma kerugian fie yg diutarakan, coba juga jelaskan kerugian pak boss. misalnya, kalau kerja banyak seperti ini fie tidak bisa menghandle, akhirnya kinerja warnet jelek, orang jadi malas main ke warnet akibatnya bapak juga yang rugi. atau coba juga jelaskan kondisi kesehatan fie kurang baik, kerja lembur bs bikin fie down, akhirnya warnet terbengkalai, pak boss juga yg rugi. yang seperti itu deh, intinya “pak boss juga yang rugi” he he he.
    semua fans mu disini care dengan kamu fie
    peace…

    nb: jaga kesehatan ya (kan mau ekspedisi…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s