Anoreksia

Penyakit Gila Nomor Sebelas : Ngga Mau Makan

pengen-kurus

Pada umumnya para kaum hawa menginginkan tubuhnya langsing dan seksi. Untuk itu lah terkadang malah ada yang diet keterlaluan untuk menghilangkan image gemuk pada tubuh mereka. Anggapannya dengan diet ketat dan mendapatkan tubuh ideal (langsing) ia akan digila-gilai dan dipuji-puji, namun tidak jarang keinginan untuk terlihat kurus malah mendatangkan penyakit baru yang disebut dengan Anoreksia.

Anoreksia diambil dari gabungan perkataan Greek(Anerektos) dan latin (Nervosa) yang artinya tiada selera. Apakah ini semacam penyakit atau tren yang banyak dianut selebriti kelas dunia? Yang jelas dan perlu dicatat adalah: Anoreksia nervosa merupakan kelainan, bukan tren. Biasanya penderita Anoreksia ditandai dengan perubahan gambaran tubuh sendiri, munculnya ketakutan luar biasa akan kegemukan, penolakan untuk mempertahankan berat badan normal sehingga mereka ngotot diet mati-matian agar mendapat badan super kurus, atau bahkan memuntahkan kembali makanan yang sempat ditelan dan masuk ke lambung (kelainannya disebut Bulimia), hilangnya siklus menstruasi pada wanita.

Sekitar 95% penderita Anoreksia adalah perempuan. Tak mengherankan, soalnya jika dikaitkan dengan isu kecantikan, para perempuan lebih gampang ‘diintimidasi’ termasuk gambaran tentang tubuh ideal (atau super kurus) agar bisa disebut ‘cantik’.

Kelainan Anoreksia biasanya mulai timbul pada masa remaja atau dewasa. Penyakit ini biasanya menyerang mereka yang berasal dari kalangan sosial ekonomi menengah atas. Berdasarkan derajatnya, Anoreksia bisa bersifat ringan dan sementara atau berat dan berlangsung lama.

Sejauh ini penyebab pasti tidak diketahui, namun faktor sosial tampaknya memegang peran penting. Penderita Anoreksia akan merasa bahagia dan lebih sukses jika mereka berhasil menurunkan berat badannya sehingga menjadi lebih langsing. Karena mereka merasa dengan badan gemuk menjadi tidak menarik, tak sehat serta tidak diinginkan lingkungan.

Gejala kelainan anoreksia ini bisa dilihat pada perempuan, yang mana perempuan tersebut menjadi sangat teliti dan kompulsif dengan standar tinggi untuk berprestasi dan sukses. Gejala umumnya yaitu depresi, kepercayaan diri yang rendah, penampilan yang tidak proporsional, hubungan keluarga yang terganggu, nafsu makan berkurang?sulit mengontrol emosi, mudah terjangkit penyakit, berat badan ringan,?dan kekurangan nutrisi.

Indikasi awal dari kecenderungan terjadinya kelainan ini adalah meningkatnya perhatian terhadap makanan dan berat badan, bahkan pada penderita yang sebelumnya sudah kurus. Keasyikan dan kecemasan mengenai berat badan semakin meningkat, sejalan dengan semakin kurusnya badan penderita. Meski sudah kurus, penderita tetap merasa gemuk, selalu menyangkal jika hal itu salah. Meski merasa lapar, mereka akan mengabaikannya, karena merasa takut ‘gemuk’.

Penderita merasa dirinya ‘normal’ dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut, sehingga tidak merasa ke dokter.

Pengobatan penyakit Anoreksia ini cukup sulit karena mereka beranggapan tak ada yang salah dalam diri mereka. Untuk pengidap yang terindikasi kurang dari 6 bulan, tak perlu dirawat secara khusus di rumah sakit, hanya butuh perhatian, kasih sayang serta perawatan dari keluarga maupun rekan terdekat. Untuk pengidap Anoreksia yang lebih serius, harus dibawah bimbingan dokter yang khusus menanganinya serta mengganti pola makannya dan mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter agar dapat pulih seperti sedia kala kembali.

Nah, kalo keinginan untuk menjadi cantik saja malah menyiksa dan menjadi penyakit, kenapa harus diet gila-gilaan untuk mencapainya? Yang jelas, gambaran cantik untuk kaum hawa tidak hanya dinilai dari fisik, ukuran tubuh, bentuk tubuh, kulit yang putih dan mulus, hidung bangir dan lain sebagainya malah kerap menjadikan wanita melakukan berbagai cara untuk meraihnya.

Kalo pengen ndut gimana caranya?

Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s