Nostalgia Kecil

Nostalgia Kecil

Belut? Wackkkss :O. Kalo liat belut jaman sekarang emang bikin ngeri. Ga ingat apa kalo dulu sewaktu masih berseragam merah putih, belut ini adalah mainan utama di kala sore. Dilahirkan dalam keluarga petani, mau tak mau harus berhubungan dengan makhluk melata yang satu ini. OK kalo enggak megang, paling enggak liat donk? Toh dia hidup di lumpur (baca : sawah) kebanyakan. Walaupun sekarang lebih banyak di budidayakan. Namun sekarang, susah banget buat ngedapetin belut alami yang di pancing di tepian pematang sawah. Seiring dengan perkembangan jaman, belut sekarang lebih cenderung diternakkan.

Kemaren sore, karena cepat pulang ngantor, ya sempat liatin kehidupan siang di sekitar rumah (biasanya cuman ngerasain kehidupan malam sih, ditemani suara jangkrik nongkrong di kamar, ehehe 😀 ->> baca : bobok). Liat anak-anak kecil lagi ngeluarin belut untuk di sembelih, yang awalnya kudu di pukul dulu kepalanya sampai dia keleyengan alias pusing. Baru setelah itu di bantai dengan sadisnya (kasihan).

Dulu sewaktu kecil, gw sering mancing belut. Dengan berumpankan cacing tanah, lalu dipasangkan ke pancingnya. Hal ini sering terjadi kalo pas hari minggu ato sabtu pas stok sambal dirumah udah habis, karena ortu biasanya ke pasar pas cuman hari senin ato jum’at aja (pasar Padang Panjang senin dan jumat). Malahan dulu sempat dijuluki juragan belut saking mahirnya mancing makhluk licin itu. Dan sekarang? Ngeliat cacing aja gw dah ngilu-ngilu apalagi liat belut? Kalo bahasa Minang nya sih “gali-gali gaman” campuran antara rasa ngeri, jijik dan berbagai rasa lainnya, yang pasti bukan rasa coklat lho ya :D. Yang jelas, dulu tuh rasa belut tuh enak. Apalagi kalo di goreng, sebelumnya direbus sama bumbu dendeng. Wah, the second dendeng banget rasanya. Tapi gorengnya kudu “masiak” alias kering dan kek kerupuk. Enak banget deh pokoke… Belom lagi kalo dibuatin “sambalado baluik” dikasih campuran kentang. Sedepp… Tapi napa ya, sekarang kok gw ga doyan belut? Heran deh, emang selera udah berubah kali ya? Maunya yang serba instan dan malah bikin penyakit, tapi juga bikin nagih. Tul ga?

Masa merah putih, paling benci banget liat manusia-manusia kota (mostly cewek) yang pas ngeliat belut malah lari-lari dengan perasaan jijik. Ihh, sok banget sih lo? Dan keisengan yang lumrah dulu gw lakukan adalah ketika anak-anak yang lain pada ngeri ketemu cacing pas goro ngebersihin halaman sekolah, gw malah ambil tu cacing dan menakut-nakuti mereka. Ngasih teror sesekali ga papa kan? Hayooo, mana dia yang selama ini nakal ma gw. Rasain lo gw kerjain, emang enak jadi anak kota! Ihihihihi 😛

Ahh, nostalgia yang jadi nostalgila…

Advertisements

2 thoughts on “Nostalgia Kecil

  1. wedewwwwwwwwwww….
    ternyata diem diem kecilna beranian ya..
    hihihi
    padahal umumna nak cwe rata2 takut or jijay ma cacing
    yang ini kok malah berani megang, jahil lagi..
    hahaha…

    masa kecil emang masa yang paling bahagia
    to me too…
    pulang sekolah ramean
    maen ke mata aer pulangna ngerampok ladang timun..
    haha untung gak da yang jaga..

    ….
    ^_^

  2. #brother_shine
    ahahaha….. ketauan lo? kok hampir sama ya? dulu aku kecil2 juga sering kek gitu. paling sering nyolong jambu biji, xixixiix peacee 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s