Nostalgia Film Jadoel

Film Horor Jadul

chinese-vampires

Mungkin anda masih ingat dengan film-film Cina yang booming di Indonesia pada era 90 an. Saya masih ingat, ketika masih SD dulu, pulang sekolah tiap hari Sabtu demen banget nonton yang kek beginian. Biasanya dimulai pada jam 11 siang sampe jam 1 siang pada hari sabtu. Dulu juga masih jarang ada TV warna. Jadi tiap pulang sekolah singgah dulu di rumah temen sambil nonton rame-rame di depan TV dengan berbagai ekspresi. Soalnya kalau pulang dulu keburu telat dan juga ga ada TV dirumah. Rejeki nomplok banget kalo ditawarin makan atau dikasih cemilan. Cihuyy…😀

Dulu tuh film horor Cina kebanyakan film vampir. Ciri khas nya adalah, ada peti mati yang di bawa, terus tiba-tiba mantra nya ke cabut dengan sengaja atau tidak dan vampir nya langsung loncat dari perti mati tersebut, dengan ekspresi tegang, badan kaku. Anehnya, pas loncat nya itu langsung berdiri, karena ciri khas vampir dalam film ini bagian tubuhnya yang bisa di tekuk cuman lutut lalu langsung mencari mangsa untuk digigit lehernya.

Cara jalannya pun jika diingat-ingat sekarang terkesan lucu. Vampir disini bentuk kepalanya seperti petak karena dikasih topi seperti berbagai model, mua pucat, pandangan kosong, kedua lengannya mengacung lurus ke depan dan jalan kaku sambil loncat-loncat dengan sekali lompatan jaraknya bisa hitungan meter. Biasanya kalo udah mendapatkan mangsa yang digigit lehernya, maka sang korban juga ikut menjadi vampir. Sebuah perbandingan yang kontras dengan film vampir zaman sekarang yang aktornya cakep banget dan terlihat manusiawi.

Nah, ada beberapa cara untuk menangkal vampir dalam cerita ini, yaitunya tiap orang disuruh untuk menahan napas supaya vampirnya bingung dan tidak jadi memangsa sang korban. Yang terkesan lucu adalah ekspresi aktor-aktor jadul yang terkesan lawak sewaktu curi-curi kembali bernapas lalu ketika vampir sudah mendekat, keburu menahan napas lagi dengan cepatnya. Ahahaha… ekspresi kocak yang sampai sekarang masih saya dapatkan pada aktor kondang Jackie Chan. Penangkal vampir lainnya adalah dengan menempelkan secarik kertas berwarna kuning yang sudah ditulisi mantra dalam tulisan Cina yang entah apa artinya. Juga dengan menjebak vampir dalam bola dua warna biasanya hitam dan putih yang saya tidak ingat apa namanya. Yang jelas, waktu nonton itu kita ikut terbawa suasana tegang dan bahkan ikut-ikutan menahan napas. Sangat bersimpati sama sang lakon dalam film dan setelah film habis diputar, masing-masing kita mempunyai fantasi sendiri tentang film dan aktornya. Andai saja terjadi di kehidupan nyata, saya adalah korban yang di selamatkan oleh si aktor dan kemudian si aktor cakep (kalo cakep lho ya) tiba-tiba jatuh cinta pada kita. Alangkah indahnya. Hohohoh… anak SD mikirnya udah kek orang dewasa ajah. Jadi malu deh…😀

Yang jelas, film horor zaman dahulu berbeda jauh dari film horor khas sekarang yang lagi booming dan menjadi icon sineas lokal yang terkesan basi dan terlalu dibuat-buat, mulai dari jalan cerita dan penampakan hantu yang kadang terkesan konyol. Tapi kok banyak banget penggemarnya ya?

Ada lagi film-film pendekar yang kita-kita dulu sampai hapal lirik theme songnya dan mengidolakan aktor dan aktris utamanya. Mungkin anda masih ingat dengan film Pendekar Harum yang bisa terbang dan berkekuatan tinggi, ahli bermain pedang dan berambut panjang, sampai-sampai saya dan temen-temen ikut-ikutan meniru gaya rambut si cewek nya pendekar harum yang terdiri dari tiga tingkat potongan. Wackss??? Yang paling pendek adalah poni, lalu setingkat bahu dan sisanya panjang. Saya tidak tahu apakah ini film keluaran Cina atau Jepang. Namun yang jelas, begitulah ciri khas film Cina zaman saya SD dulu. Jauh beda dari film zaman sekarang yang kebanyakan bertema mafia dan terkesan vulgar dalam berbagai adegan. Film zaman dahulu masih memberikan banyak nilai moral bagi penontonnya, sudah jauh beda dari film-film zaman sekarang yang banyak mengusung tema kekerasan.

Waktu SD dulu, film-film yang bertemakan 17+ hanya disiarkan tengah malam, dan itupun saya tidak tau bagaimana gambaran filmnya. Mungkin saja setara dengan film-film drama dan action zaman sekarang yang bebas diusung mulai dari pagi, siang dan malam. Kalo dulu tuh, film-film drama yang sering dihadirkan adalah film india, yang kesannya juga tidak vulgar dan banyak bertemakan binatang dan heroik. Kalopun ada yang romantis, masih dalam taraf wajar. Dan keknya film india romantis dari dulu sampai sekarang masih bertemakan sama, cinta segitiga, cinta dilarang orang tua, perjodohan yang terpaksa, rebutan harta dan rebutan pacar. Cape deh..😛

Wah, kok jadi ngomongin film ya? Nostalgila lagi deh,😀

19 thoughts on “Nostalgia Film Jadoel

  1. Nostalgia serem ogah ah
    hiiii..
    jadi inget dulu waktu umur kelas 3 sd
    pernah nonton film vampir tapi yang barat
    wewwwwwwwwwww…

    ngerih ah…

  2. waduh…….fie tuh foto bg waktu syuting dulu kok di publish seh.
    udah bg bilang jangan…ntar tak jewer kupingnya

    wakakakakaka (Spam Mode ON)
    ==============================================
    Fie :

    Ada yang lagi narsis kek nya neh? Tanda tangannya donk,😀

  3. Wkekekeke..
    Lengkap penjelasan ttg Vampir China-nya.
    Dulu yg aku kira Vampir ya cuma itu aja.
    Oya, di daerahku juga sering maen Vampir2an gitu waktu masih kecil, jadi harus nahan2 nafas.😀

    Tegang juga nontonnya tapi kocak, Bo’!
    Wkekekekke..

  4. Nostalgia ma flm Vampir!!!
    Ihh… ga mau ah. sereeem……..
    tapi sebenernya flm2 vampir seru jga sih.
    dlu wktu w kecil, w jga sering sih nonton yang kya gtu. Bkin tegang sih, tapi klo rame2 nonton’a mlahan asyik
    =============================
    Fie :

    Ternyata banyak juga penggemarnya ya? tapi sekarang kok ga ada lagi yang film kek begituan? jadi kangen neh..!😆

  5. wah sama nih,,,aku jg penggemar berat film kungfu jadul,hehe..buat semuanya aja kalo ada fs atau fb add aja aku di kevinyonathan.88@gmail.com

    buat yang punya blog jg yah, biar kita bisa sharing2 ttg film2 kungfu jadul..

    buat yang nyari lagunya OST Pendekar Harum,OST To Liong To,OST Pendekar Rajawali(Yoko) ato OST Penginapan Pintu Naga, atau OST Pendekar Ulat Sutera atau(kebanyakan atau,hehe) OST White Snake Legend(ada 1 album nih…) silahkan download langsung dari http://www.pd88.co.cc

    o ya nih buat bahan nostalgia,masi inget syair lagu ini ga

    Pendekar Harum(versi Adam Cheng yang diputer di RCTI,dia jadi Chu Liu Xiang si ular busuk bersama temannya si Pemabuk dan Ayam Jantan)

    Sudah takdir berebut dengannya
    Sudah takdir harus bersandiwara
    Gerbang kemenangan milik siapa
    Kugagal lepas belenggu diri

    Berapa nilai dari kasih dan cinta?
    Kasih dan cinta hanyalah nafsu belaka
    Berapa nilai duka dan benci?
    Duka dan benci hanyalah keluhan manusia

    Bumi dan langit begitu luas
    Dimanakah kenangan tempatku
    Ombak besar dari Selatan dan Utara
    Tidak pernah kutakuti

    Bumi dan langit begitu luas
    Apa yang ditakdirkan oleh-Nya
    Nama yang harum membuat kita
    Ternama di dunia ini selamanya

    atau ini nih

    OST GOLOK PEMBUNUH NAGA(Merry Andani Feat John Way)

    Di saat malam yang sunyi
    Ku termenung seorang diri
    Teringat paras wajahmu
    Bergetar rasanya hatiku

    Tak mungkin kulupa akan dirimu
    Tak mungkin pula kupendam cintaku

    Kapankah kita akan bertemu
    Entah kapan kita berjumpa
    Cinta abadiku
    Harapan dariku
    Kita dapat bersama

    Kapankah kita akan bertemu
    Entah kapan kita berjumpa
    Cinta abadiku
    Harapan dariku
    Kita dapat bersama

    Cinta abadiku
    Harapan dariku
    Kita dapat bersama

    kalo mo dengerin langsung download aja lagunya dari http://www.pd88.co.cc
    ================
    Fie :

    Wah, makasih banget… dah lama ga dengerin lagu2nya. makasi buat link donlodnya yah… salam kenal, makasih buat kunjungannya🙂

  6. to:: yosef88
    ada lagu ost cinta dan keadilan ga yang versi indonesiana..
    yang nyanyi kalo ga salah nia lavenia
    judul silat mandarinnya the young justice bao
    kalo ada mau dunk
    hihhihi
    kirim ke email ya phink_yonk@yahoo.com

    Tq
    ^^

  7. Ada yang tau link buat download film vampire cina ga???
    jadi pengen ngeliat lagi…
    =========
    Fie :

    Kurang tau juga kek nya, coba googling deh

  8. knapa gak coba minta req ke radio mandarin cakrawala sapa tau di situ ada ost film2 versi indo yang dicari………
    semoga saran saya dapat membantu………..

  9. ia tiap hari sabtu..klo ga slah soRe2 main,a
    1000000% like sangat….nginget’n bgt..
    punya link buat download film2nya ga…????

    y9 gratis.an,,,,
    hehe….
    krm’n ke e-mail zie …
    mksh…
    ====
    Fie :

    Wah, sampe sejauh ini kek nya lom ada nemu link nya deh Zie, ntar klo smpat uber2 google lagi deh.. tunggu yah😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s