Kuliah? Nyari Gelar atau…??

Kuliah? Nyari Gelar atau…??

kuliah

Teman saya pernah bilang, sewaktu mau tamat SMA dulu. “Pokoknya setamat sekolah nanti gw kudu kuliah dan nanti gw kudu dapat gelar di belakang nama gw. Masa iya saat ini gw terlahir dengan nama A, ntar matinya nama gw tetep A? Pengen nambah donk, A, SH, atau A, SE”. Wackksss?

Berapa banyak lagi orang-orang zaman sekarang yang berpikiran seperti itu? Apakah kuliah hanya untuk nambah gelar di belakang nama yang notabene adalah nama semenjak lahir (termasuk yang udah ganti-ganti nama). Lalu dimanakah letak eksistensi ilmu yang dicari kalo banyak orang berpikiran bahwa kuliah untuk menambah gelar doank. Nah, trus ntar kalo udah dapat gelar yang didambakan, habis itu mau apa donk? Apakah akan menerapkan ilmu yang didapatkan atau hanya untuk mendapatkan gelar lalu semua perkara habis disitu dalam hal menuntut ilmu? Fwihhh…

Ntar kalo udah ada gelar kan mudah nyari kerja” itu juga salah satu komentar dari temen saya yang sewaktu di SMA dulu tergolong centil dan ceplas-ceplos. Wah, salah banget tuh. Buktinya banyak pengusaha sukses yang sama sekali tidak pernah mengecap bangku kuliah apalagi punya gelar. Juga berapa banyak sarjana zaman sekarang yang malahan udah dapat gelar master masih menganggur?

Kemaren ini juga pernah baca artikel di milis bahwa udah banyak usaha yang bergerak di bidang pembuatan ijazah palsu dengan harga variatif sesuai dengan kredibilitas universitas yang mau di palsukan ijazahnya. Malah pasang website lagi. Usaha yang tergolong ilegal, namun menjadi semakin gampang untuk dilegalkan akibat belum ada tindakan hukum yang keras. Gampang toh nyari gelar atau ijazah universitas? Ga perlu cape-cape kuliah. Namun hasilnya belakangan gimana?

Jadi menurut saya, buat para youngsters yang mau menempuh bangku kuliah, luruskan niat dan tujuan, jangan cuman ikut-ikutan. Begitu juga dalam hal memilih jurusan, sesuaikan dengan minat, kompetensi, kegemaran dan pengembangan bakat Anda alias unsur hobby (jika memungkinkan), jangan cuman ikutan trend kalo ntar hasilnya malah kacau. Dan yang penting, jangan cuman kuliah buat nambahin gelar doank. Punya gelar tapi ga ada gunanya ntar juga useless kan? Tul ga seh?😀

14 thoughts on “Kuliah? Nyari Gelar atau…??

  1. pengalaman sodaraku sendiri ne

    Kuliah na di jurusan pertanian,,,
    eh kerjana jadi guru fisika..?
    kok bisa???

    bisa aja wong gak dipikir matang2 duluna..
    tapi yaa..emang dah nasib kali..

    hmmm
    aku ndiri dulu kuliah design grafis
    ehh sekarang malah kerja dikonter
    wakkkkkkkksss…

    salah jurusan lageeeeee

    hehe..

  2. Wah sebelumnya saya senang sekali karena kita sama-sama ikut lomba “Aku Untuk Negeriku” dan saya suka dengan artikel ini. Sebagai seorang pemuda generasi penerus bangsa, patutnya kita semua memilki pemikiran seperti ini..

    Saya sangat setuju sekali dengan pendapat Fietha, jangan pernah menjadikan bangku kuliah itu sebagai tumpuan utama dalam mencari pekerjaan, karena itu hanya mempermudah saja..

    Sudah cukup lah kita dimanjakan dengan alam Indonesia yang begitu mewahnya namun apa yang terjadi, ketika semua terasa mudah, hilanglah rasa kompetitif kita, ya jadinya seperti ini, kita menjadi tidak eksis..

    Pokonya smeangatz dan salam mahasiswa..

    Terima kasih sudah berkunjung..

    Jangan lupa mampir lagi ya, kita bisa bertukar pikiran, betul..?????

  3. #brother_shine
    Kek lagu nya Riff bang, salah jurusan, xixixixi😀

    #bocahbanjar
    Seep, makasih juga buat kunjungannya, bener juga tuh, sekalian buat bagi-bagi pengalaman juga. salam🙂

  4. hehehheheheheheh///
    setuju saya pada penggalan artikelnya neh…..
    buat para calon mahasiswa. sekali lagi saya tekanin.. cobalah ambil sesuatu yang memang benar benar ada pada minatmu… sehingga kulihmu itu merupkan awal dari tujuan hidup mu
    sukses

  5. Wah, kalo mo direnungin, bahkan aku ga tau tujuanku sejatinya kuliah.
    Yang praktis2 aja gitu, daripada di rumah ga ngapa2in abis SMA, mending tuntut ilmu ke jenjang yg lebih tinggi lagi :mrgreen:

  6. Aku nggak kuliah, malah lulus SMA langsung ngamen di pojok beteng wetan Jogjakarta, tapi sekarang udah punya usaha sendiri, Jasa desain grafis dan web.
    Betul sekali yang diulas diatas. Setuju. Sejatinya kalau memang kuliah hanya untuk cari kerja setelahnya, lebih baik dari sekarang saja langsung kerja, jangan nunggu lulus kuliah, nanti malah keburu habis lapangan kerjanya.

    ==========================
    fie :

    Wah keren donk dah punya usaha ndiri. aku aja mpe skrang masih jadi orang gajian terus, hikss hikss..

  7. wah keren neh, memang bener kalo sekarang ini banyak banget yang pada sekolah or kuliah cm karena kewajiban doang, bukan karena niat. Malah ada yang kuliah cuma karena pengen bikin seneng orang tua. gak pada sadar apa yaa, kalo biaya kuliah sekarang makin mahal, and ortu udah tambah ngos-ngosan byarnya.
    Kalo buat sy, kuliah bukan cm belajar tapi juga berteman … untung sekarang udah lulus…..

    Barengan kita bersaing sehat di “aku untuk negriku” …………
    =============================================
    fie :

    Tul banget, temen-temen saya banyak yang kek gitu, kuliah ga dari hati, malah menurunkan tradisi dari orang tuanya.
    Wah, buat lomba ya? Mpe skarang masih bingung mau nulis artikel apa buat “aku untuk negeriku, hehehehhe… lam kenal bro..😀

  8. hmm, kalo gw nanti mending kuliah sambil kerja. biar duitnya bisa ditabung, trus dapet gelar juga… hahaha…

    btw, UMUR GW KAN BARU 14 TAHUN??!!

    salam kenal… dari dias handsome: http://diazhandsome.wordpress.com
    ==============================================
    fie :

    Ya ga papa donk buat ngerencanain masa depan dari sekarang. masa depan kita ya buat kita juga. ya ga?
    lam kenal juga ya dede diaz….🙂

  9. Kuliah bkn buat prestise ato prestasi..tp buat nambah ilmu..
    Berfikir objektif ttg masa depan🙂
    ===========================================
    Fie :

    Iya sih, tapi banyak disalahgunakan juga terkadang🙂 Hayoo…. bro kapan neh kulnya mau finish? peaceee😀

  10. kuliah buat nyari ilmu < tapi kalo dari dulu gw kenal google, ga perlu tuh kuliah.
    lagian udah tamat kuliah, eh susah nyari kerja.
    sampingannya buat hidup ya ini, hasil ilmu yg gw dapet dari mamak google…………

    BTW, kalo gw liat anak kuliah sekarang, gw juga miris.
    ke kampus bawa kertas 1 helai, di perbodoh dosen dengan suapan yg ga jelas artinya. eh pas mo protes..di banned dari kampus…
    mana biaya mahal lagi….istirahat online ke internet cuman buka FRIENDSHIT…eh salah FRIENDSTER.
    kenapa ga nyari tugas atau yg bermanfaat kek…
    PArah..

    (SORY LEPASIN UNEK2)🙂
    =====================================
    Fie :

    Friendster emang meraja lela bang. Mulai dari SD sampe yang tua-tua pun punya FS. di warnet pun, friendster yang paling laku. kapan ya? blogging jadi top score?

  11. yah itu karena adanya pergeseran nilai dari arti kuliah.
    coba kalau yang mau kuliah berpikir dulu, dan yang mau membiayai juga mempertimbangkan tujuan anaknya kuliah, mungkin akan bener lagi arti kuliah.
    Kuliah????
    ==========================================
    Fie :

    Bener juga sih, namun banyak juga yang kuliah cuman buat nerusin tradisi tanpa ada tujuan konkrit sama sekali. sedih kalo liat yang kek beginian😦

  12. Dewasa ini tampaknya gelar tidak terlalu penting. Kalau mau kerja? Apa saja asal mau ditekuni secara profesional, pasti mendatangkan kesuksesan. Bukan begitu kah?
    ========
    Fie :

    Betul banget, asalkan ada usaha dan do’a semuanya bisa aja kita capai tanpa perlu gelar sarjana.

Leave a Reply

