APALAH ARTI SEBUAH MONUMEN?

APALAH ARTI SEBUAH MONUMEN?

100_0890

Beberapa waktu yang lewat, gw sempat singgah lagi ke Merapi, sekalian buat liburan dan ngilangin suntuk (liburan ke gunung? Lho?). Lewat kesempatan ini gw mau mengulas sedikit tentang kebiasan dan perilaku para pendaki, khususnya untuk area Sumbar, karena gw belom pernah ke luar daerah.

Memang sih, ga semua orang yang mendaki itu disebut pendaki (pendaki tetap) atau pecinta alam. Kebanyakan hanya mau hura-hura atau camping-camping ria disekitar area pesanggrahan, bahkan yang menjadikan gunung sebagai area mesum juga ada (lho? Ckckck….). Tapi memang begitulah keadaannya. Namun yang bikin hati miris adalah, banyaknya ditemui vandalisme dan buang sampah sembarangan oleh orang-orang tak bertanggung jawab (hura-hura) tadi. Coba lihat aja kalo udah 17 agustusan ato taon baru, pasti isi gunung pada bejibun deh.. Mulai dari yang profesional sampai dengan anak-anak SMP amatir yang cuman cari nama tanpa memperdulikan apa itu Safety Procedure.

Merapi, seingat gw (yang udah pernah ketemu) mempunyai dua buah tugu (monumen) yaitu nya Abel Monumen (kordinat awal puncak) dan Tugu GK (Getrakoda). Tugu GK ini dibuat sebagai monumen hilangnya pendaki dari SMA Batusangkar yang Sispalanya disebut Getrakoda singkatan dari Gema Putra Kota Budaya ato lebih singkatnya GK (kebetulan gw pernah naik sama alumni SMA ini). Tapi……. terakhir gw ke Merapi, tugu GK sudah tidak terawat lagi. Kondisinya sudah hancur sana-sini, dicoreti dengan berbagai tulisan kampungan dan hancur bekas dipukul pake batu sehingga nama-nama dan tulisan yang tercantum dalam monumen itu sudah tidak terbaca lagi. Bahkan kemaren gw ketemu bangkai anjing kecil yang sudah mengeras disana (huekk…)😦

100_0889

Belum lagi soal coretan-coretan liar di batu-batu dan ukiran pisau di pohon-pohon tak berdosa. Disana-sini penuh dengan ukiran nama pasangan-pasangan romantis yang mengukir namanya di gunung. Walahh…

Lewat tulisan ini gw cuman pengen kasih pertanyaan, begitukah cara pendaki/pecinta alam menghargai sebuah monumen?. Begitukan cara pendaki/pecinta alam menghargai alam dan isinya? (Teruntuk : pendaki/pecinta alam Sumbar)

5 thoughts on “APALAH ARTI SEBUAH MONUMEN?

  1. pendaki2 kek gitu ko ga bisa menikmati alam dengan khusyuk ya? heran.. malah bikin ga simpatik😦
    =========
    Fie :

    Iya phiy… coba deh sesekali ketemu ama mereka… ga tau deh klo di jakarta gimana kondisinya…
    kenalan gw anak2 sana kek nya aman2 aja tuh

  2. biasa deh, manusia-manusia yg punya rasa cinta kpd alam scr maniak. saking maniak nya,alam dihabisi :))
    gua setuju klo sbagian bsar pendaki sumbar itu rada hiperaktif ‘n arrogant ( ngalamin ndiri nih cink qtmu ma mrk😉 )

    salam buat pendaki dr sumbar..smoga bs lbh dewasa ‘n profesional lg di alam ya pak/buk😉
    ===========
    Fie :

    Salam kenal… pernah naik sama anak sumbar yah? setujuh banget, biasanya sih pendaki/pecinta alam profesional itu ga besar mulut dan lebih banyak diam… tapi itulah yang susah ditemukan dikalangan penggiat dari sini…😀

  3. saya pernah naik Marapi 2 kali. selalu kesal melihat coret2an di daerah cadas yang sangat merusak pemandangan.

    di mana-mana sama.. di jawa sini juga begitu. juga banyak yang nyorat-nyoret di gunung.
    ========
    Fie :

    Hehe… kek nya dimana2 sama ajah yah😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s