Sariawan

SARIAWAN

null

Memang menyebalkan jika sariawan. Seperti yang dialami oleh sepupu gw saban hari. Entah kenapa sariawannya selalu datang silih berganti. Katanya sih ini kek penyakit keturunan, soalnya nenek gw juga sariawanan. Tapi kok gw ga kena yah? Palingan cuman sesekali, alhamdulillah…

Menurut yang gw baca, sariawan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor psikologis seperti emosi dan stress yang memicu timbulnya bentol-bentol dalam mulut ini. Beberapa penyebab lain yang di sebutkan sebagai penyebab sariawan adalah :

  1. Kekurangan vitamin B, vitamin C, dan zat besi
  2. Luka tergigit pada bibir atau lidah akibat susunan gigi yang tidak teratur
  3. Luka karena menyikat gigi terlalu keras atau bulu sikat gigi yang sudah mengembang
  4. Alergi terhadap suatu makanan seperti cabai atau nanas, atau dll
  5. Gangguan hormonal (seperti sebelum atau sesudah menstruasi)
  6. Adanya infeksi oleh mikroorganisme

Sedangkan cara pencegahan yang bisa dilakukan supaya sariawan ga nongol lagi adalah :

  1. Menghindari kondisi stress
  2. Sering mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan zat besi
  3. Jaga kesehatan atau kebersihan gigi dan mulut
  4. Hindari makanan dan obat – obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada rongga mulut
  5. Hindari makanan terlalu panas dan pedas

Walaupun sariawan bukan termasuk golongan penyakit berbahaya, tapi cukup mengganggu lho. Apalagi buat masyarakat Minang yang notabene makanan sehari-harinya ga jauh-jauh dari masakan pedas dan berminyak, hohoho… 😛

Nah, bagaimana dengan pengobatan untuk penyakit ini? Ga ada salahnya kita mencoba menggunakan resep alami untuk mengatasi berbagai penyakit, bukan dengan cara obat-obatan kimia yang dijual di pasaran, hehehe ketahuan neh anti minum obat buatan pabrik 😀. Bahan-bahan untuk pengobatan alami ini diantaranya adalah :

  1. 11 kuntum bunga belimbing asam, asam jawa, dan gula merah.. Rebus bersama – sama dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas. Minum pagi dan sore.
  2. Daun Jambu Biji, rebus dalam 1 liter air: 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batangnya. Saring air hasil rebusan dan minum sehari 2 kali
  3. Berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur garam
  4. Daun sirih. Dapat dikunyah langsung atau daun direbus terlebih dahulu. Air hasil rebusan setelah disaring dapat diminum. Dalam daun sirih terdapat antioksidan dan pembunuh bakteri sehingga membuat sariawan tidak betah lama – lama.
  5. Pengobatan dan pencegahan dengan kunyit :
    1. Ambil sekitar 2 ruas kunyit, lalu parut hingga halus
    2. Beri sedikit air putih matang, kira – kira 2 sendok makan
    3. Saring dan tambahkan sedikit madu
    4. Lalu minum teratur tiga kali sehari. Langkah ini bisa mempercepat penyembuhan sariawan
  6. Bahkan ada juga yang bilang tempelin sebutir garam pada daerah yang terkena sariawan. Gw lom pernah nyoba sih, tapi boleh juga tuh buat referensi 😀

Ga ada salahnya mencoba salah satu reserp diatas sebelum anda beralih ke obat-obatan medis ato beli di apotek. Selain bahannya alami, bisa dicari, murah dan juga tanpa efek samping. Good luck 😉

One thought on “Sariawan

  1. Its a vabulous topic for medical treatment. I like it😉 (anyway, you looks so nice today)
    =========
    Fie :

    Thank U, it’s better using natural treatment than medical treatment, i think😉
    You look so handsome today, my man😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s