Sehat Ala Tibet

RAHASIA SEHAT MASYARAKAT TIBET

Tibet

Dalam bukunya James Redfield : The Secret of Shambala dijelaskan beberapa gaya hidup orang Tibet yang membuat mereka tetap sehat walaupun berada dalam kondisi lingkungan yang ekstrim. Dia menjelaskan bahwa semua penyakit disebabkan oleh mikroba, baik itu penyakit jantung, kanker dan tumor. Namun mikroba hanya melakukan tugasnya. Penyebab inti dari semua penyakit ini adalah pola dan jenis makanan yang salah yang menciptakan lingkungan yang mengandung zat asam.

Dijelaskan juga ada dua kondisi makanan yang dapat menentukan kesehatan kita yaitu zat alkali dan zat asam. Makanan yang kita santap menentukan hal tersebut. Makanan yang banyak mengandung zat asam adalah makanan yang berat, dimasak terlalu lama, terlalu banyak melewati proses dan manis, seperti daging, tepung, kue-kue, kopi dan buah-buahan manis.

Sedangkan makanan yang mengandung alkali lebih hijau, lebih segar dan lebih hidup, seperti misalnya sayur-sayuran, alpukat, dedaunan hijau, kecambah, tomat, jeruk dan limau.

Semua penyakit yang memperlemah tubuh adalah karena ada yang mengotor tubuh kita, yang memberi sinyal kepada mikroba bahwa kita siap ambruk, lemah dan mati. Kalau kita menyantap makanan, makanan itu dimetabolisasi dalam tubuh dan meninggalkan zat sisa. Jika zat sisa itu alkali, akan mudah dikeluarkan oleh tubuh kita. Dan jika ia mengandung zat asam, ia sangat keras bagi darah dan sistem hati kita untuk menyingkirkannya dan tersimpan dalam jaringan kita yang menciptakan sumbatan-sumbatan dalam sel-sel kita. Semakin jaringan kita bersifat asam, semakin mudah penyakit menggerogoti tubuh kita.

Hal-hal tersebut yang dipercayai masyarakat tibet dan diterapkannya sampai sekarang dan menjadikan sebagian besar masyarakat Tibet menganut sistem vegetarian. Kalo dipikir-pikir dan dianalisa secara medis, hal tersebut memang terbukti. Orang-orang vegetarian terbukti lebih sehat dan lebih muda. Walaupun sekilas, dalam sayur-sayuran dan buah-buahan yang mereka makan tidak mencakup semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun pada kenyataannya makanan tersebut tidak kalah gizinya dari daging dan bahkan lebih baik untuk tubuh. Hmm…

Ide untuk menjadi vegetarian memang menarik sih, apalagi bagi yang kepingin hidup sehat dan awet muda. Namun godaan untuk makan produk hewani juga besar. Termasuk juga dengan banyaknya makanan fast food yang sekarang beredar. Makanan-makanan tersebut memang enak untuk dikonsumsi, namun berbagai macam penyakit menjadi ancaman serius. Nah, siapa yang tertarik untuk hidup sehat dan menjadi vegetarian ala Tibet? Silahkan mencoba😀

One thought on “Sehat Ala Tibet

  1. Back to nature, memang bisa menjadi resep tuk sehat dan fit…

    Banyak penduduk Tibet walau sudah bisa di bilang “tua” tapi tetap segat n fit.🙂
    ====
    Fie :

    bener banget kak, segala sesuatu yang berasal dari alam emang lebih ampuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s