Jenis Kualitas Video pada Film Digital

Jenis Kualitas Video pada Film Digital

Buat kamu-kamu nyang “vampire” pasti akrab banget ama kualitas film-film digital download seperti BRRip, BDRip, DVDRip, dll. Terkadang hal tersebut membingungkan kita jika tidak memahami akan artinya yang menyebabkan munculnya “penyesalan” dan kekecewaan kronis setelah bela-belain ngabisin bandwith selama beberapa jam… eh ga taunya kwalitas filmnya jelek bin “amboeradoel” banget.

Nah..kali ini saya coba bikin postingan tentang apa aja itu pengertian masing-masing jenis kualitas tuh film biar kamu-kamu kagak kecewa. Moga dapat nambah wawasan kita bersama ya!

BRRip

Adalah film hasil copy dari source berjenis Blu-Ray yang asli. Jadi bukan hasil copy-an dari kepingan cakram digital Blu-Ray, namun original berkualitas digital.

BDRip

Adalah berbeda dengan BRRip, film ini hasil copy dari keping cakram berjenis Blu-Ray. Kualitas gambar dan suara kedua jenis format Blu-Ray ini jauh lebih bagus dari DVDRip (Very High Quality) dan keduanya dapat diputar selain pada DVD player, juga dapat diputar pada XBOX atau PS 3. Hingga saat ini, format Blu-Ray adalah jenis video tertinggi dan terbagus yang pernah ada dengan konsekuwensi ukuran file menjadi lebih gede.

DVDRip

Adalah Film hasil copy dari DVD asli. Kualitas gambar dan suaranya sangat baik (DVD Quality), dengan men-download film jenis DVDRip sama saja artinya anda membeli DVD asli.

DVDScr atau DVD Screener

Adalah film hasil salinan (bentuk asli dari sebuah film yang belum di sempurnakan dan masih “anget” dari dapur produksi) dari sebuah PROMO DVD yang keluar sebelum DVD asli dipasarkan. Video jenis ini biasanya memiliki berbagai kelemahan seperti tanda air/watermark dalam video (hanya sebagian layar), tulisan/teks berjalan, tanda preview atau di beberapa bagian dari video tersebut berubah-rubah warna yang asalnya full color menjadi hitam putih. Untuk kualitas suara biasanya lumayan baik.

HDTV-Rip

Adalah video hasil salinan/copy dari sebuah channel HDTV (High Definition Television). Untuk kualitas gambar dan suaranya sangat baik namun biasanya pada bagian atas atau bawah layar dipotong untuk menutupi sumber channel yang direkam.

CAM atau CAMRip

Adalah kualitas video yang bersumber dari video/film yang diputar dibioskop, untuk kualitas gambarnya kebanyakan sangat jelek dibandingkan dengan DVDRip, DVDScr dan R5 tapi bisa saja berkualitas baik jika si perekam ketika di bioskop meletakkan kamera beserta tripod-nya di tempat yang benar dan tidak terganggu dengan hal lain seperti penonton yang mondar-mandir kek setrikaan di bioskop dan lain-lain. Untuk kualitas suara nya tergantung pada jarak si perekam dengan sumber suara, efeknya adalah ketika si perekam dekat dengan sumber suara maka kejernihan suara akan baik dan ketika si perekam jauh dari sumber suara hasilnya sebaliknya. Bukan hanya itu kwalitas kamera saat mengambil gambar sangat berpengaruh pada hasil.

TS (TeleSync)

Sama seperti kualitas CAM berasal dari rekaman bioskop hanya saja pada saat perekaman si perekam meletakkan alat audio recording dekat dengan sumber suara yang kemudian suara tersebut disatukan (merge) dengan hasil rekaman videonya menggunakan software video editor sehingga kualitas suara yang dihasilkan dari jenis video ini bisa dikatakan lumayan baik daripada kualitas CAM diatas, dan untuk kualitas gambar sama saja dengan kualitas CAM.

TC (TeleCine)

Adalah proses perekaman video menggunakan alat untuk menyalin film dari proyektor ke format digital. Untuk kualitas audio dan videonya lumayan sangat baik.

R5

Adalah video yang dirilis di beberapa negara/daerah tertentu saja atau biasanya hasil selundupan. Kualitasnya baik karena meng-copy langsung dari keeping cakram DVD asli.

 

Kalo yang di atas JENIS KUALITAS-nya, sebagai tambahan nyang berikut saya kasih juga beberapa jenis FORMAT videonya.

DIVX

Adalah sebuah video codec yang diciptakan oleh DivX, Inc (sebelumnya DivXNetworks, Inc.), yang menjadi terkenal karena dapat mengkompresi video menjadi ukuran kecil dengan kualitas relatif baik. DivX menggunakan kompresi lossy MPEG-4 Part 2. Dikarena sering digunakan untuk membuat salinan dari DVD yang memiliki hak cipta, DivX menjadi kontroversial. Saat ini banyak DVD player di pasaran yang dapat memainkan film DivX. Format video kompresi berbasis MPEG-4 ini memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan dapat mencapai kurang dari seperdelapan ukuran MPEG-2 dengan kualitas yang tetap terjaga. Format ini sering disebut “video MP3”. Formatnya antara lain adalah .divx, .mp4, MPEG atau .avi.

XVID

Adalah video yang memakai format .avi yang artinya video tersebut dapat diputar dengan seluruh DVD Player yang dapat men-support file DIVX.

7 thoughts on “Jenis Kualitas Video pada Film Digital

  1. This amazing is 1 of the most suitable article that My partner and i have read till date on this particular theme. Totally complete yet to the point without the need for any specific nonsense.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s