Hama Kumbang Anjing pada Tanaman Sawi

Tanaman kesayangan diserang hama memang menyebalkan. Apalagi kalau hanya ditanam di pekarangan rumah sebagai hobi sekaligus mempertahankan konsep organik. Mau menggunakan pestisida rasanya serem banget ya, soalnya sayuran tersebut untuk dikonsumsi sendiri. Membayangkan pestisidanya saja menyeramkan, apalagi memakan sayur yang sudah di semprot pestisida.

Saat ini sawi hijau saya kedapatan hama yang bikin daunnya bolong-bolong seperti saringan teh. Setelah ditelusuri sepertinya terkena Kumbang Anjing (leaf beetle). Hama tersebut bisa terbang walaupun dengan jarak yang tidak jauh, namun cukup meresahkan, mana banyak pula. Berikut penampakannya :

Untuk pestisida alami, yang saya sudah coba adalah Ramuan Tanpa Judul (nanti posting disini) yang saya dapat dari forum. Namun, mungkin karena sudah parah, sepertinya kurang manjur. Apalagi sekarang malah melebar sampai ke pakchoy hidroponik saya, walaupun baru kena 2 batang tapi tetap menyebalkan juga, mana untuk lomba pula😦

Adakah yang punya referensi untuk membasi hama tersebut? Atau nanti saya coba dengan ramuan daun pepaya aja yah dicampur dengan bawang putih dan daun tomat. Soalnya dari beberapa artikel yang saya baca, ketiga bahan tersebut ampuh sebagai pestisida nabati walaupun pada kenyataannya penggunaan pestisida nabati harus sering frekuensinya untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Kalau cuman diaplikasikan sekali saja, wahh jangan harap deh hama pada KO😀

6 thoughts on “Hama Kumbang Anjing pada Tanaman Sawi

  1. iya sih, mahalnya kebangetan… cuman kalo ada tempat, mendingan tanam sayur sendiri sis, lebih hemat, lebih fresh, heheh #kompor mode ON
    soal ngilangin kadar pest, saya kurang tau juga, mungkin cuci bersih2 ya sis, trus bagian terluar sayur di buang… kalo saya sih, cuci aja bersih2 terus langsung diolah😀

Leave a Reply

