Tomat Roma

Menanam Tomat Roma dalam Polibag

Tomat roma adalah tomat yang menurut saya paling enak dimakan mentah. Bentuknya cenderung lonjong. Kulit buahnya lebih tebal, lebih padat dan bijinya yang lebih sedikit serta dagingnya yang terasa agak kasar di lidah. Biasanya orang-orang barat sana menggunakan tomat roma ini untuk dibuat saus tomat segar atau pasta tomat. Apalagi buat kita penggemar sambal, enak banget kalo di mix sama cabe dan terasi.

Roma merupakan tomat tipe determinate yang artinya pertumbuhannya terhenti ketika sudah berbuah, dan buahnya matang hampir bersamaan. Setelah buahnya matang semua, ya sudah pertumbuhannya hanya sampai disana, ga akan ada bunga lagi. Sayang sekali sih, padahal tomatnya enak banget lho, tapi tidak bisa berbuah seterusnya.

Menanam tomat sebenarnya tidak sulit. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa tomat merupakan salah satu tanaman yang sangat boros terhadap air dan unsur hara. Makin banyak air yang tersedia untuknya makin bagus (asalkan media tetap porous), tapi daunnya sangat rentan hama kalau kebanyakan kena air. Itu sebabnya ketika musim hujan, harga tomat dipasaran bisa berkali-kali lipat harganya, disebabkan oleh banyaknya hama. Semakin lembab kondisi cuaca, daunnya akan rentan terkena bakteri dan jamur.

Berikut ini adalah gambar-gambar tomat roma yang saya tanam dalam polibag tahun lalu. Karena kebanyakan jenis tomat yang mau ditanam (beli GB), setiap jenis tomat masing-masing baru saya tanam satu kali saja, tujuannya perbanyakan biji dulu, hehehe😀

Tomat Roma

Tomat Roma

Tomat Roma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s