Manfaat Catnip

Catnip, 31 Oktober 2012

Catnip adalah tumbuhan sebangsa dengan mint yang asalnya dari Eropa dan telah tersebar ke seluruh dunia. Ada sekitar 250 macam spesies catnip asli (tidak termasuk yang hibrida). Tumbuhan ini sering disebut juga sebagai “ganja” nya kucing. Catnip membawa senyawa kimia yang disebut nepetalactone yang terkonsentrasi pada batang dan daun. Efeknya dapat membuat kucing jadi riang, lincah dan fly seperti orang habis menghisap ganja (euphoria), namun hal tersebut tidaklah berbahaya bagi kucing.

Ternyata, selain bermanfaat untuk kucing, catnip dapat digunakan sebagai obat herbal juga lho. Biasanya catnip kering dibuatkan dalam bentuk teh. Senyawa dalam catnip dipercaya dapat membantu orang yang dalam proses berhenti merokok karena dapat menetralisir kadar nikotin dan mercury. Efeknya dapat menenangkan dan memberikan efek relaksasi pada sistem pencernaan, dan membantu untuk meringankan diare, perut kembung, gangguan pencernaan, sakit perut, dan sakit kepala. Catnip juga memiliki sifat-sifat yang antispasmodic membuatnya berguna untuk kram perut serta batuk kronis.. Catnip’s antibiotik dan zat properti juga bermanfaat untuk mengobati flu dan infeksi bronkial.

Selain itu catnip juga dipercaya dapat mengurangi batuk dan dahak, sebagai obat penenang, memperlancar pencernaan, melancarkan menstruasi, pengobatan untuk kram saat menstruasi, perut kembung, insomnia, migren dan sakit kepala, flu, memperlancar buang air kecil dan kolik bayi. Selain itu juga merupakan obat alami penangkal nyamuk serta penambah aroma pada salad! Bener ga sih?

Namun, penggunaan catnip sebagai obat herbal harus hati-hati, karena pada manusia catnip dapat menjadi racun jika tidak diolah dengan benar. Wanita hamil juga harus menghindari catnip karena dapat merangsang kontraksi. Untuk menggunakan catnip harus dikeringkan terlebih dahulu dan diseduh seperti teh. Ada juga yang merebusnya terlebih dahulu untuk menghilangkan kadar toksinnya.

Tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan semak, yang apabila telah tumbuh dapat melebar kemana-mana jika tidak dikontrol pertumbuhannya. Waktu untuk berkecambah cukup lama. Pengalaman saya bisa sampai sebulan. Awalnya dikira tidak akan tumbuh. Setelah satu bulan lebih, mulai nongol daunnya yang saya kirain gulma. Namun setelah tumbuh, dapat berkembang dengan cepat, apalagi jika ditanam langsung di tanah.😀

Sprout, 24 Mei 2012

Catnip, 6 September 2012

2 thoughts on “Manfaat Catnip

  1. Pingback: Catnip- 50benih - Purie Garden

  2. Pingback: Catnip- 100benih - Purie Garden

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s