Trinidad Scorpion Morouga Blend

Trinidad Scorpion Morouga Blend

My Trinidad Scorpion

Menanam cabe, adalah tantangan tersendiri bagi saya. Kalau biasanya menanam sayur dan tomat masih sukses, nah kalo cabe, nanamnya bikin gerah. Hamanya super banyak, apalagi cabe yang aneh-aneh.😦

Beberapa waktu yang lalu saya dapat kiriman biji cabe ini dari teman di Kaskus. Wah, saya ga nyangka banget kalo ini cabe akan berbunga lebih cepat. Padahal waktu kecil terserang hama dan terpaksa di pruning total. Karena musim hujan, recovery nya cepet banget. Temen-temennya pada belum berbunga. Walaupun daunnya sedikit bergelombang karena hama, yah pasrah aja, emang musimnya hama sekarang ini. Mana pestisida nya mahal, yang organik ga mempan.

Tapi pokoknya wow deh, baru kali ini berhasil nanam cabe aneh-aneh sampai berbunga, mana the hottest chili in the world lagi. Asiiikkk😆

TS waktu kecil

Pasca Pruning

TS Sebelum berbunga, masih kena hama

14 thoughts on “Trinidad Scorpion Morouga Blend

  1. Mbak Fietha, boleh tau gimana cara penyemaian biji cabenya? Soalnya bulan lalu saya udah coba nyemai benih bhut jolokia sebanyak 20 biji dan hasilnya nggak ada yang tumbuh. Padahal saya udah ikuti petunjuk dari sipenjual benih yaitu benih direndam semalan kemudian ditanamkan pada media tanam yg subur. Dan sekarang saya coba semai lagi tapi dengan cara coba2 sendiri yaitu benih saya bungkus dengan kain basah dan saya simpan ditempat teduh. Harapannya setelah benih berkecambah baru akan saya pindah ke pot. Dan saya belum tau hasilnya nanti karena baru berjalan 2 hari ini.
    Kalau ada cara penyemaian yang lain tolong dishare ya…tks

  2. Wah om, setau saya kalo BJ emang tumbuhnya lamaa banget, bisa sebulanan lebih baru nongol.. cara semainya kalo saya masih sama, rendam semalam pake air bawang merah (katanya sebagai hormon perkecambahan), abis itu langsung taroh di media semai aja (kalo saya campuran tanah dan sekam)… udah coba juga semai di rockwool, numbuhnya juga lama, trus susah nanti kalo tumbuh kebanyakan kejebak cangkangnya, jadi busuk

  3. OK mbak makasih infonya. Saya sih semai BJ nya udah 1.5 bulan dan ketika saya korek2 medianya, biji cabenya ada yang rusak dan ada yg hilang. Makanya saya coba semai lagi.Tapi ngggak saya rendam pake air bawang merah ataupun hormon perangsang tumbuh. Tapi mungkin saya mau coba trik sampeyan karena saya masih ada biji habanero sekitar 16 biji.

  4. beli seed dimana om?
    dulu saya juga ada nyemai haba, cuman capeknya nanam cabe hamanya banyak, apalagi keriting, susah sembuhnya

  5. beli di sembadafarm.com barangnya cepat nyampe kok. Tapi kalo mau biji habanero saya masih ada 16 biji, nanti yang 8 biji tak kasih sampeyan, yg penting kirim aja alamatnya via email. Betul mbak, tanam cabe tdk sesederhana tanam sayuran. Saya punya cabe rawit yang lalu juga diserang aphid cukup parah, tetapi sekarang sudah segar lagi. Tapi sekarang ada satu pohon yang subur dan lebat buahnya diserang busuk buah. Mbak Fie punya solusikah?

  6. kebetulan saya masih punya bibit haba om, hasil BLT kemarin belum sempat tanam, sekarang lagi semai 7pot, ama doughlah om, lagi harap2 cemas ini sama TSMB, bibitnya udah habis, yang tanaman sekarang keriting, rontok terus bunganya😦
    kalo aphids, coba cuci daunnya sama sunlight atau mama lemon om, tapi kalo tanaman udah berbunga ya repot juga, cuman bisa semprot aja..
    busuk buah karena lalat buahkah? solusinya pestisida kimia atau dengan jebakan serangga om, beli petrogenol di toko tani, trus celupkan ke kapas dan taroh dalam botol aqua yang sudah dilobangi, kira-kira seperti ini :
    http://tipspetani.blogspot.com/2012/04/membuat-perangkap-lalat-buah.html

    just info = harga petrogenol kira-kira 6-10 rb/pack

  7. apa kabar mbak?? ternyata resep dari sampeyan manjur banget. Biji habanero yang saya rendam pakai air bawang merah sudah lebih dulu tumbuh daripada yang tanpa perendaman dengan bawang merah. Yang direndam air bawang cuma 5 hari udah berkecambah. Sedangkan yang tanpa perendaman sudah 3 minggu masih belum ada tanda2 kehidupan. Mudah2an aja yang tanpa perendaman air bawang bisa tumbuh nantinya, karena kebetulan yang tanpa perendaman air bawang merupakan benih jokokia dari berbagai macam warna jumlahnya sekitar 36 biji. Sayang kalau nggak tumbuh…

  8. syukurlah kalo gitu…
    biasanya temen2 saya ada juga make B1 buat rendam bijinya, tapi kalo bawang merah kan alami banget, tinggal ambil di dapur😀

  9. Mas & mbak, itu di rendamnya brp lama?
    T’rus mbak, itu katanya daunya “dicuci pake sunligh”t gmn caranya mbak?
    Saya tunggu ya, mbak….
    Thx

  10. di cuci sama sunlight itu kalo cabe nya terkena hama aphids, kalo masih belum berbunga, di semprot sama sunlight campur air trus dibilas sedikit (jangan sampe lecek daunnya), biarkan 15 menit lalu bilas lagi pake air bersih…
    saya tanam pake tanah biasa aja kok, campur pupuk kandang, campur sekam juga kalo ada biar media nya ga padat…
    soal air bawang, rendam biji dengan air lalu taruh irisan bawang di rendaman tersebut.. kalo bawangnya mau dihaluskan juga boleh
    terima kasih sudah berkunjung om🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s