Kebun Sayur di Belakang Rumah

Kebun Sayur di Belakang Rumah

Raise Bed Kangkung

Tahun lalu, ketika semangat berkebun mulai tumbuh, saya bela-belain bikin raise bed kecil karena di pekarangan belakang ga ada tanahnya, isinya pasir ama batu semua. Pinggirannya saya tahan pake bata, cepet hancur sih kena hujan dan panas. Tapi karena adanya cuman itu, ya udah dimanfaatkan aja. Bagusnya pakai papan, atau bata yang direkat dengan semen, baru deh kuat. Untuk raise bed sekecil ini, butuh tanah kalau ga salah 3-4 gerobak, trus dicampur dengan sekam mentah dan pupuk kandang, lalu saya diamkan satu minggu baru setelah itu saya tanami sawi. Saya cenderung menanam sayur langsung di tanah, daripada pake polibag, karena nanam sayur di polibag gede modalnya plus capek ngisi tanahnya.

Akhir-akhir ini saya tanami kangkung, karena sepertinya lebih tanah hama daripada sawi. Penyakit sawi yang bikin bete adalah kumbang dan ulat yang bikin daunnya jadi bolong-bolong. Mau ngasih pestisida, pengennya organik. Kasih pestisida nabati, ga mempan. Ya udah, saya gilir aja sama kangkung dan bayam, daripada makan sawi bolong-bolong gitu jadi ilfil.

Tanaman Sawi

Kangkung sebanyak ini cukup untuk 1 hari makan dirumah. Sayuran lainnya saya tanam dengan sistem hidroponik, ada kailan, pakchoy dan selada juga. Sangat menyenangkan menanam sayuran sendiri, kita tahu kualitasnya dan perkembangan sayurnya. It’s good to grow your own vegetable on your own garden😀

4 thoughts on “Kebun Sayur di Belakang Rumah

  1. dua bulan lalu saya mampir di blog ini, liat tanamannya mb fie kok seger-seger ya? akhirnnya lanjut belajar ke vegetable lovers…..akhirnya saya punya kebun sendiri sekarang. buat mb fie, makasih sudah menginspirasi, ayo main ke kebun saya ^^

  2. jadi malu dibilang menginspirasi, heheh….
    enak kan punya kebun sayur sendiri? meminimalkan cost belanja😀
    makasih udah berkunjung om…

  3. Yup bener banget, Mba fie…..yang paling mujarab tuh kalo lagi stress karena kerjaan, trus liat yang ijo-ijo langsung segerrrrr….
    btw, saya bukan om loh mba Fie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s