Jenis-jenis Cabe

Jenis-jenis Cabe

TSMB

Scoville Unit

Tau gak sih, kalau jenis-jenis cabe itu banyak banget. Dulu, sebelum saya mengenal jenis cabe yang banyak tersebut, saya hanya kenal dua jenis cabe yang sering digunakan sehari-hari yaitu cabe keriting dan cabe rawit. Dan bahkan, jenis cabe yang seperti rawit pun banyak banget, ada rawit tumpuk, rawit domba, cabe hiyung (Kalimantan), candlelight chili dan banyak lagi yang lainnya. Ada yang tergolong ke dalam cabe super pedas, cabe manis, dan cabe hiasan.

Cabe sendiri termasuk ke dalam keluarga Solanaceae yang awalnya berasal dari Amerika selatan dan dibudidayakan di seluruh dunia. Cabe yang ada sekarang ini termasuk ke dalam genus Capcisum, namun terdiri lagi dari 5 spesies besar yang biasa diketahui dan digunakan, yaitu :

1. Capcisum Annum

Bell Pepper

Paprika

Spesies ini termasuk yang paling banyak dibudidayakan di dunia dan memiliki banyak varietas, termasuk jenis cabe manis paprika, cabe biasa, cayenne dan jalapeno (Meksiko). Jenis ini memiliki pohon yang rimbun, berdaun hijau dan bunga yang berwarna putih.

2. Capcisum Baccatum

Aji Amarillo

Aji Amarillo

Dari spesies ini, yang paling terkenal adalah varietas cabe Aji. Biasanya terdiri dari banyak warna, misalnya orange, kuning, coklat dan merah. Umumnya berasal dari Bolivia dan Peru dengan tingkat kepedasan sedang.

3. Capcisum Chinense

Hottest Pepper

Trinidad Scorpion Morouga Blend

Pada umumnya varietas ini adalah jenis-jenis cabe yang paling pedas di dunia. Sebut saja jenis Bhut Jolokia, Naga Morich, Trinidad Scorpion, Habanero, 7 Pot, dan terdiri dari beragam warna yaitu merah, orange, kuning, coklat bahkan putih, dengan tingkat kepedasan di atas rata-rata dan biasanya dengan bunga berwarna abu-abu gelap dan beraroma langu. Untuk sementara saat ini rekor cabe terpedas dipegang oleh Trinidad Scorpion Morouga Blend.

4. Capsicum Frutescens

Tabasco_pepper

Tabasco Pepper

Hampir sama dengan kepedasan Chinense, dari spesies ini yang paling terkenal adalah varietas Tobasco (kelas rawit).

5. Capsicum Pubescens

rocotto

Rocotto

Cabe ini ditandai dengan biji yang berwarna gelap. Dalam spesies ini yang terkenal adalah manzano di Mexico dan Peru, rocotto di Chili dan Ekuador. Warna buahnya bisa merah, kuning,orange dan bentuknya hampir menyerupai apel dan sangat pedas.

Selain dari yang disebutkan di atas, masih banyak lagi spesies cabe yang tersebar di seluruh dunia dan kurang terkenal dan jarang digunakan seperti Capsicum Brasilianum, Capsicum Breviflorum, Capsicum Buforum, Capsicum Campylopodium dan lain-lain serta jenis-jenis cabe yang di silangkan satu sama lain.

Bentuk dan ukuran cabe pun banyak yang unik. Ada paprika atau bell pepper dengan bentuk besar seperti apel, bentuk cabe rawit, bentuk bulat seperti sweet cherry, bentuk memanjang, panjang dan besar seperti golden marcony dan big jim, ada yang memiliki buntut seperti trinidad scorpion, ada pula yang disebut dengan porn chili atau peter pepper (lihat google), dan yang kulitnya kasar ada pula yang kulitnya halus. Biasanya sih, yang kulitnya kasar termasuk ke dalam jenis cabe superpedas. Tetapi jangan sampai tertipu lho, jenis jalapeno merupakan cabe dengan kulit licin tetapi pedas banget. Buat yang nyoba-nyoba, jangan sampai ketipu yah, berabe ntar :D

Sumber : http://www.chileplanet.eu/ dan gambar dari beberapa website

About these ads

One thought on “Jenis-jenis Cabe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s