Hand Pollination

Penghulu Tanaman

 DSCN0729

Ada beberapa jenis tanaman yang harus dibantu penyerbukannya supaya menjadi buah. Kebanyakan proses ini dilakukan oleh hewan, seperti kupu-kupu, lebah, burung, dan serangga-serangga kecil lainnya. Namun, dalam beberapa kasus dan keadaan, banyak kegagalan pembuahan pada tanaman karena tidak diserbukinya putik betina oleh si bunga jantan. Bisa jadi karena tanaman tersebut berada di dalam greenhouse, atau di daerah yang tidak ada serangganya (misalnya loteng atau dak bangunan). Untuk menyiasati hal ini, maka dilakukanlah penyerbukan manual atau yang biasa disebut hand pollination (istilah di forum adalah menjadi penghulu😀 ).

Pada tomat, hand pollination ini bisa dilakukan dengan cara menjentik bunganya secara pelan-pelan. Untuk tumbuhan berbunga terpisah seperti semangka, melon, timun dan sejenisnya dimana bunga jantan berbeda dengan bunga betina. Caranya adalah mengambil serbuk sari bunga jantan lalu ditempelkan ke bunga betina. Bisa menggunakan kuas atau tangan. Oleskan atau gosok-gosokkan pada bunga betina untuk memastikan pembuahannya.

Trik ini pertama kali saya gunakan untuk tanaman kiwano. Setelah beberapa lama kiwano saya menunjukkan putik bunga betina, tetapi setelah beberapa hari layu dan gugur. Lalu, trik di atas saya terapkan dan alhamdulillah si kiwano mulai membesar setelah di serbuki.

DSCN0733

Setelah diserbuki

DSCN0731

Kiwano

4 thoughts on “Hand Pollination

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s