Menanam Bhut Jolokia

BHUT JOLOKIA

Menanam bhut jolokia dari biji memang butuh kesabaran ekstra. Masa sproutnya sendiri bervariasi, mulai dari satu minggu sampe satu bulan lebih. Seperti tanaman BJ saya ini, disemai bersamaan tumbuhnya bervariasi, bahkan tanaman BJ saya terdiri dari empat generasi. Generasi pertamanya saat ini sudah nohope, karena terserang hama keriting parah, sudah di semprot pestisida masih tidak mempan. Generasi kedua, sudah berbuah, meskipun masih hijau. Pertumbuhannya bagus, karena di sayang-sayang banget, hehe😀. Generasi ketiga sudah Ybranch dan mulai berbunga, sedangkan generasi keempat saya tanam dengan sistem hidroponik, sudah mau Ybranch. Alhamdulillah tidak ada melewati masa rontok bunga seperti kebanyakan cabe super hot lainnya.

Karena cabe ini bukan varian lokal, sekali terserang hama lokal susah banget pulihnya. Tidak seperti cabe keriting atau cabe rawit, 3-4 kali semprot abamectin kalau terkena thrips dan tungau sudah sembuh. Mungkin karena varietas non lokal, jadi ketahanan terhadap hama juga belum ada ya, jadi harap-harap cemas dengan perkembangannya. Semaian cabe saya pun sekarang banyak yang terkena layu fusarium, aduh capedeh. Mana bibitnya langka, tumbuhnya juga rada susah.

Generasi Pertama

Generasi Kedua

 

Generasi Ketiga

Generasi Keempat

 

Berbuah

5 thoughts on “Menanam Bhut Jolokia

  1. cantik cabenya…
    mba fie, ada cara nggak supaya biji cabe-cabe impor itu lebih cepet sproutnya?
    saya nyemai big jim udah 2 minggu gak sprout..padahal udah pake rockwool dan cocopeat.
    sampe kesel nunggu sproutnya😦

  2. iya mbak, memang lama sproutnya😦
    tips
    1. rendam biji minimal 24 jam dengan air bawang merah
    2. media nya lembab (saya pake RW cuman berhasil buat cabe keriting ama rawit doank, napa ya?)
    3. perbanyak sabar dan doa, xixixiix😀

  3. iyah, aneh…padahal kalo tomat cepet banget sprout kalo pake RW..
    mba Fie nyemai cabenya pake media apa?

    mungkin saya kurang di poin nomor 3 itu….segera saya praktekkan yang nomor 3😀

Leave a Reply

