Tips Menanam Tomat – Pemberian Ajir

Pemberian Ajir Tomat

Pemberian Ajir Tomat

Pemberian ajir/penopang pada tanaman tomat sangat diperlukan. Hal ini dimaksudkan agar batang tomat tidak patah atau meliuk-liuk, apalagi setelah tomat berbuah, dimana batangnya butuh penyangga yang kuat juga untuk menyangga beratnya buah.

Bagi petani konvensional, pemakaian air bisa menggunakan kayu atau batang bamboo dan diikat-ikat dengan tali raffia. Bagi petani hidroponik, khususnya yang memakai greenhouse, ajir sendiri kebanyakan dibuat dari tali yang diikat di atap GH lalu di lilitkan ke batang tomat. Salah satu keuntungannya adalah tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membeli tali serta tidak memakan ruang dan tidak merusak akar seperti jika menggunakan bambu, dimana batang bambu di tancapkan di sekitar akar tomat.

Pemberian ajir bisa dilakukan ketika tomat sudah mempunyai tinggi 10 hingga 15 cm. tali untuk ajir bisa dibeli di took bangunan, karena tali ini biasanya dipakai tukang bangunan untuk mengukur-ukur. Harga 2 ribu rupiah untuk 1 gulung yang bisa dipakai untuk sekitar 20 batang tomat. Lilitan jangan terlalu rapat ya, nanti batang tomatnya tercekik, hehe..

Untuk lebih jelasnya ada pada gambar-gambar berikut.

Ajir

Ajir

Ajir

Ajir

Ajir

Ajir

Ikatan Ajir

Ikatan Ajir

One thought on “Tips Menanam Tomat – Pemberian Ajir

  1. kami produsen di bandung menyediakan tali majun, untuk digunakan sbg tali ajir,. keterangan lebih lanjut di talimajunbandung.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s