Tips Menanam Tomat – Pemangkasan (Pruning)

Pemangkasan Tunas Air

Salah satu kewajiban bagi penanam tomat adalah pemangkasan tunas air alias tunas yang tidak berguna (well, sebenarnya sih ada gunanya. Cuman kalo dibiarkan, tomat buahnya akan kecil-kecil karena tunas air mengambil nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tomat). Bagi tomat jenis indeterminate, ada istilahnya French pruning seperti gambar di bawah ini. Pemangkasan seperti ini akan menghasilkan buah tomat yang banyak, tetapi butuh masa panen lebih lama daripada memelihara tomat hanya pada cabang utama saja (batang tunggal).

 

French Pruning 1

French Pruning 1

French Pruning 2

French Pruning 2

Dan ini adalah tunas air yang perlu di buang pada tanaman tomat (terutama yang tumbuh di bawah YBranch).

Tunas Air Tomat

Tunas Air Tomat

Pemangkasan Daun Tua

Pemangkasan daun tua biasanya saya lakukan ketika tomat sudah berbuah. Daun-daun yang berada di bawah dahan buah akan saya pangkas habis. Biasanya bunga/buah tomat akan muncul di dekat/setelah percabangan utama (YBranch). Ketika tomat sudah berbuah, maka daun dibawah tangkai buah tersebut sudah tidak ada gunanya lagi karena hanya akan menyerap nutrisi yang diperlukan oleh buah tomat untuk membesar. Jadi supaya nutrisi berkonsentrasi untuk pembuahan, maka daun-daun tersebut dibuang saja, sehingga hanya tersisa daun-daun bagian atas untuk berfotosintesis.

Pemangkasan Daun Tua Tomat

Pemangkasan Daun Tua Tomat

 

Penjarangan Daun

Saya sendiri tidak tahu pasti apa gunanya, hanya saja ketika jamur sudah menyerang, wajib bagi saya untuk melakukan penjarangan daun agar penyebaran jamur tidak semakin merajalela. Selain itu, lebih enak dilihat, hehe. Para petani konvensional di daerah saya sering melakukan pemangkasan daun di dekat tangkai buah agar daun tidak mengenai buah tomat. Tujuannya agar tidak ada ulat/penyakit di daun tomat yang pindah ke buah tomat sehingga tanaman lebih produktif.

Penjarangan Daun Tomat

Penjarangan Daun Tomat

Penjarangan Daun Tomat

Penjarangan Daun Tomat

Penjarangan Daun Tomat

Penjarangan Daun Tomat

4 thoughts on “Tips Menanam Tomat – Pemangkasan (Pruning)

  1. Halo Mba Nela, gpp mba mending diabisin aja daun kuningnya, rusak pemandangan, hihihihi… trus jg udah ga ada gunanya klo daun bawah😀

  2. mbak, mau nanya. pruning seperti ini apa berlaku untuk tanamana yg berdaun saja?seperti kemngi, basil,dll?trus pruning dimulai saat tanaman sebesar apa mbak?makasih banyak🙂

  3. kalo buat tomat pruningnya setelah tanaman punya cabang Y mba, kalo kemangi malah makin di pruning makin banyak tunasnya, bisa kek bonsai mekar jadinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s