Hidroponik Sistem Guyur

Hidroponik Sistem Guyur

 

Jelas sudah, sistem guyur dalam hidroponik adalah sistem yang paaaaaling gampang. Dalam sistem ini tidak membutuhkan pompa ataupun listrik, juga tidak ribet untuk set up peralatan hidroponik seperti pada sistem lainnya seperti NFT, Dutch Bucket ataupun fertigasi yang kesemuanya membutuhkan listrik dan pompa.

Kenapa dinamakan sistem guyur? Karena dalam sistem ini hampir sama persis dengan sistem konvensional, hanya saja perbedaan terletak pada nutrisi dan pupuk yang digunakan. Selain tidak membutuhkan biaya besar, namun juga mudah dalam pelaksanaanya. Kita hanya butuh air di ember yang telah diberi nutrisi, gayung air kemudian siram deh ke tanaman. Mudah kan? See, hidroponik itu ga perlu mahal, ga perlu repot, ga perlu ribet!😀

Kekurangannya adalah bagi kita yang tidak punya banyak waktu untuk menyiram. Apalagi ditambah dengan pemilihan media hidroponik yang kurang tepat, contohnya sekam bakar. Karena media ini sangat porous sehingga kurang bisa mengikat air. Sementara media yang cukup baik mengikat air adalah cocopeat, perlite dan vermiculite.

Lalu bagaimana dengan hasil tanaman dari sistem guyur itu sendiri? Don’t worry, hasilnya bagus kok. Karena penentu keberhasilan tanaman hidroponik itu sendiri bukan hanya ditentukan oleh sistem yang digunakan, namun juga nutrisi, sinar matahari, ketersediaan oksigen bagi akar dan sebagainya. Jika nutrisi tanaman, sinar matahari, dan oksigen terpenuhi, maka tanaman akan tumbuh bagus.

Intip yuuk, tanaman saya yang hanya menggunakan sistem guyur. Modalnya murah meriah, hanya menyediakan polibag, media tanam, nutrisi dan air tentunya.

Tomat

10603587_10152227542411053_6610083145738400585_n

Kebun Tomat Hidroponik

10301210_10152032763766053_7153286399133235662_n

Kebun Tomat Hidroponik

10269636_10152032763691053_2052699841668756461_n

Tomat Hidroponik

10363260_10152091798041053_9188588449213607323_n

Tomat Copia

10609655_10152305865061053_4719693266224585389_n

Kebun Tomat

Cabe

996907_10151436583141053_1601718101_n

Cabe Hidro

10247486_10152003517646053_7822568039926389240_n

Carolina Reaper

10172594_10152003516396053_5710477701905761736_n

Carolina Reaper

1798000_10151920507976053_514018037_n

Paprika Hidroponik

1497561_10151932627526053_81275982_n

Purple Bhut Jolokia

24 thoughts on “Hidroponik Sistem Guyur

  1. mo tanya…sistem hidroponik guyur punya kakak kok dibawahnya dialasin sterofoam. Terus kenapa sistem guyur lebih hemat. Padahalkan kita guyur 2 kali sehari kan ya…Kita perlu siram air lagi ga???
    saya juga pernah liat di kaskus metannya pake sekam (belum dibakar). Hasulnya bagus, jadi pengen coba soalnya di sini banyak. Kalo kaka metannya pake apa?

    Maaf banyak nanya.

  2. Hallo salam kenal…
    Asumsi hematnya bagi saya, karena ga butuh pompa seperti untuk settingan fertigasi atau NFT, jadi hanya menyediakan polibag dan nutrisi, heheh
    Alas styrofoam gunanya agar polibag ga bersentuhan langsung dengan tanah, biasanya kan akar-akar tomat yang gondrong tuh kalo ketemu tanah, malah melanjutkan hidupnya di tanah
    Saya guyur air cuman satu kali sehari saja kok
    Kalo sekam mentah sering rentan untuk jadi t4 hidupnya bakteri karena belum steril, tapi untuk tanaman tertentu, sekam mentah bisa dipakai (mis. tomat), tapi kalo buat cabe jangan pake sekam mentah deh, bentar2 busuk akar, kecuali sekam udah steril ato dkasih fungisida
    saya make metan sekam bakar, kadang2 dicampur pakis (kalo ada)

  3. ooo asumsinya murah gitu
    ntar cobalah kalo tomat dah gede nanti mo coba metode guyur

    Aq pikir dikasih sterofoam tu biar nutrisinya ketampung lagi trus disiramin lagi ke tanaman…hehe

    thank u penjelasannya

  4. heheh iya.. dulunya sih ada dipake styrofoam buat nampung air lagi, cuman akar tomatnya jadi kelayapan😀

  5. Mbak mau tanya ni klo untuk penyerbukan nya gimana alami atau di bantu untuk tomat nya? Apa ada lebah yg masuk ke dalam ruangan nya karna kayak nya klo untuk angin gak masuk tu mbak ke ruangan nya

    Terima Kasih

  6. kalo dalam GH penyerbukan dibantu om, pas bunga tomat lagi mekar, tangkai bunga di jentik2 ato digoyang2

  7. Tan, mau nanya itu sehari guyur berapa kali? dan setiap tanaman dapet berapa ml air nutrisinya? Pengen nanam juga dengan metode hydroponic. Tengkyu

  8. kalo tomat, sehari guyur 2x tergantung cuaca om, klo cuaca sejuk 1x aja klo saya, hehe… kira2 100-150 ml/siram

  9. Tengkyu tan, dari pertama dulu liat blognya tante Fietha udah pengen banget nyoba hidroponik buat tomat kok kayaknya hasilnya bagus banget. Kemarin nanem konvensional banyak yang mati, kena fusarium lah, busuk akar macem-macem pokoknya padahal udah mulai keluar bunganya, sedih…makanya mumpung sekarang udah ada perlengkapannya mau nyoba dari yang simple dulu…hehe

  10. Mbak mau tanya setiap siram pakai air nutrisi ya? trus apa perlu sewaktu2 disiram air biasa ya biar nutrisi tdk mengendap didasar polibag? soalnya pernah dengar dulu dr teman perlu disiram air biasa.

  11. hehehhe.. klo tomat hidro jarang om kena fusarium, apalagi kalo make sebak, krna metan udah steril duluan..
    selamat berhidroponik ya om

  12. Hallo mba, iya mba tiap siram pake nutrisi, sesekali boleh air doank klo mo hemat nutrisi, hihihi
    oh ya, kalo saya nyiram sekali seminggu sama air biasa sampe medianya jenuh, biar sisa nutrisi kebawa airnya

  13. mau tanya kak..
    tanaman cabai dan jambu batu saya knapa bisa mati dan kering yah setelah di siram air nutrisi??

    apa bagian daun ga boleh tersiram??
    thx infonya

  14. boleh tersiram daunnya, malahan klo bisa buat semprot daun juga bisa untuk nutrisi tambahan? apa dosisnya ketinggian kali yah? tanaman lebih bisa bertahan hidup dengan kondisi minim nutrisi daripada kelebihan nutrisi, mabok dia, hahaha

  15. pernah, hasilnya hampir sama om.. cuman rasanya kalo ABMix buat ditanah, agar boros saja dan sayang nutrisinya hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s