Mengatasi Busuk Akar pada Cabe Hidroponik

Mengatasi Busuk Akar pada Cabe Hidroponik

 

Cabe Layu

Cabe Layu

Walaupun saya tidak terlalu ‘ngeh’ menanam cabe (karena hamanya horror, saudara-saudara😦 ), namun setelah beberapa kali gagal dan sukses menanam cabe, saya sempat mempelajari banyak hal dari tanaman ini. Terutama yang namanya busuk akar dan busuk/layu pada pangkal batang. Mungkin pada cabe yang ditanam pada sistem hidroponik dan konvensional penyebabnya hampir sama, namun yang saya bahas kali ini khusus yang hidroponik ya!

Buat teman-teman cabelovers, pastinya pernah donk menemui dimana tiba-tiba cabenya layu gak tau apa sebabnya. Lagi rimbun-rimbun, sedang banyak berbunga, bahkan saat menunggu podnya matang, ehh tiba-tiba layu. Kesel ga tuh? Apalagi jenis cabe yang ditanam adalah cabe-cabe unik yang harga benihnya mahal bingit dan import pula. Nah, setelah beberapa kali saya perhatikan dan amati, penyebabnya adalah media tanam yang kurang steril (sering terjadi pada sekam mentah karena menjadi tempat berkumpulnya bakteri) dan overdosis air yang memperburuk kelembaban dalam metan itu sendiri.

Busuk Pangkal Batang pada Cabe

Busuk Pangkal Batang pada Cabe

Sekam yang baik untuk media tanam hidroponik adalah sekam bakar, karena sudah melalui proses pembakaran sehingga steril. Sedangkan sekam mentah atau media yang dicampur dengan sekam mentah, dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri terutama jika dalam kondisi lembab. Hal ini sangat tidak disukai oleh cabe (kalo tomat sih anteeeeng aja).

Media yang Kurang Baik untuk Cabe

Media yang Kurang Baik untuk Cabe

Masalah kedua adalah kelebihan air. Kita tahu setiap tanaman membutuhkan air, namun overdosis air dapat juga menjadi penyakit untuk cabe. Setelah saya mengetahui hal ini, cabe hidroponik hanya saya beri nutrisi 3 hari sekali ataaau bila ada indikasi tanaman sudah layu. Kejam memang, tapi setelah saya berlakukan sistem ini, sudah tidak ada lagi tuh yang namanya busuk akar dan busuk pangkal batang. Mungkin karena tanaman hanya diberi air ketika ia membutuhkan kali ya. Tapi cara ini terlalu ekstrim bagi yang tidak punya banyak waktu untuk inspeksi ke kebun. Jadi, kalau kamu menerapkan sistem ini, rajin-rajin cek kebun cabenya ya, jangan sampai sudah mokad duluan baru disiram, hehehe😀

Cabe Layu

Cabe Layu

4 thoughts on “Mengatasi Busuk Akar pada Cabe Hidroponik

  1. met berkebun ,…
    klo yang saya tahu sih biasanya cabe itu tidak terlalu suka banyak air di bandingkan tanaman tomat karna efeknya timbul fusarium layu akar, dan cabe biasanya rentan terhadap cuaca panas. mengenai hama kadang sering menjengkelkan tp itu terjadi bukan karna di setiap bagaimana caranya sistem penanaman yang kita buat, baik hydroponik maupun dengan cara pakai tanah. tetapi untuk masalah hama tetep kita jaga dengan cara organik juga.

    salam kenal

  2. salam kenal om
    kalo tomat anteng aja ya dikasih banyak air, hehehe..
    kalo buat saya hama yang paling menjengkelkan itu ya busuk akar ini om, trus lalat buah.. klo keriting ato tungau masih bisa diusahakan

  3. kalau tanamannya sudah terserang busuk akar ini apa masih bisa diaelamatkan? atau cara ini untuk antisipasi saja? terima kasih sharingnya nih…iya sedih emang kalau cabe unik tiba2 layu tak tahu sebab begini

  4. kalo udah busuk, ga bisa lagi mba.. susyaaahh.. tapi kalo sayang, potong aja bagian yg masih baik trus di stek aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s