Hidroponik VS Organik

Pakchoy Hidroponik

Pakchoy Hidroponik

Akhir-akhir ini sering terjadi perdebatan antara apakah hidroponik itu adalah organik, dan mana yang lebih sehat antara sayuran hidroponik dan organik. Banyak yang mempermasalahkan kandungan nutrisi hidroponik yang merupakan bahan kimia total. Sementara bagi masyarakat awam yang kurang mengenal hidroponik, sayuran yang ditanam dengan metoda apa saja, asalkan TIDAK menggunakan pestisida, adalah sayuran organik.

Well, saya sebagai hidroponik lovers tidak akan mengatakan bahwa sayuran hidroponik itu termasuk dalam golongan organik ya, karena nyatanya pemupukannya menggunakan bahan-bahan kimia, walaupun FREE dari pestisida kimia. Sementara sayuran organik adalah sayuran yang murni menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia dari alam, baik itu melalui pukan, MOL, kompos dan sebagainya yang termasuk dalam kategori alami.

Selada Merah

Selada Merah

Namun, jika ditanya pendapat saya secara pribadi, tentang manakah yang lebih sehat, saya dengan berat hati menyatakan dengan ini I Love Hydroponic (maaf ya buat pecinta organik). Selama menanam sayuran hidro, terbukti sayuran yang saya tanam lebih mulus, bebas bolong-bolong (katanya seeeeh, makin bolong-bolong makin organik, hahaha males deh makan sayur bekas ulat:mrgreen: ), bebas pestisida dan pastinya bebas CACING. Uhukkkk, ini yang paling bikin saya malas nanam sayur dengan media tanah, saya paling males sama yang namanya cacing. Bukannya takut, tapi geli aja!

Banyak juga yang bertanya di sekitar lingkungan saya, apakah tomat yang saya tanam belakangan ini termasuk tomat organik. Jawabannya tergantung mood saya, kalau saya lagi males jelasin sama si penanya tentang apa itu hidroponik, ya saya jawab organik. Namun, jika saya punya banyak waktu luang untuk menjawab pertanyaan seputar hidroponik, saya akan bilang “Bukan, ini tomat hidroponik, hanya saja bebas pestisida”. Orang-orang disini akan jawab “Ooh, organik namanya itu, kan tidak pakai pestisida”. Nah lho?

Cabe Hidroponik

Cabe Hidroponik

Leave a Reply

