Trend Cabe Rainbow Di BBM

Trend Cabe Rainbow Di BBM

Sudah beberapa hari ini, BBM, WA dan Inbox di FB saya kebanjiran PM tentang segala sesuatu yang bertemakan rainbow. Mulai itu dari Mawar Rainbow, Cabe Rainbow, Tomat Ungu, bahkan ada juga yang sempat posting tentang strawberry beraneka warna, juga jagung rainbow, sampe anggur pun ada yang rainbow! Hmm, keknya yang warna pelangi lagi ngetrend yah?

Ada banyak hal yang sebenarnya perlu di luruskan yah, khususnya bagi pecinta tanaman (growers) yang harusnya tahu kalo ada beberapa item di atas yang sebenarnya hoax alias scam.

Bolivian Rainbow

Bolivian Rainbow

Pertama, soal cabe rainbow. Ada beberapa jenis cabe lho yang mirip, cuma beda bentuk pod nya ada yang runcing, ada yg bontot ada yang tumpul. Contohnya ada Bolivian Rainbow, Brazilian Rainbow, Purple Rainbow, Hot Razzamataz, Garda Firework, jenis-jenis Numex seperti Numex Twilight, dsb. Pada dasarnya, kebanyakan jenis tersebut adalah varietas asli (ada juga yang hasil silangan tetapi sudah mempunyai keturunan yang stabil sehingga bisa dikembangkan terus menerus), seperti Bolivian Rainbow yang berasal dari Amerika Selatan sana. Jadi hoax banget deh yang bikin heboh di BBM kalo cabe pelangi itu hasil silangan dari cabe rawit ijo, cabe ungu dan cabe Hongkong? WTH?!! Dan setahu saya, se rainbow apapun cabe, ga ada tuh yang warnanya sampe biru dan pink. Halah, sotosop banget deh!

Indigo Rose

Indigo Rose

Kedua, tomat ungu. Katanya niiih, tomat ungu itu hasil silangan antara tomat dan blueberry! Emang bisa gitu tanaman beda family disilangin? Aduh please deh! Tomat ungu alias Indigo Rose itu adalah varietas heirloom atau murni yang jika ditanam lagi ya hasilnya ungu juga. Berbeda dengan varietas hybrid dimana biji dari tomat tersebut jika ditanam lagi hasilnya akan mencle-mencle ga jelas (pengalaman nanam tomat ungu hampir dua tahun lamanya). Sayang bangettt, ini tomat stoknya lagi habis, kalo ga kan mayan duitnya mumpung lagi ngetrend😦

Rainbow Rose

Rainbow Rose

Ketiga, mawar pelangi. Yang ini bener-bener deh, totally fake! Jangan buang uang kamu juga waktumu untuk menanam mawar pelangi ya, nanti kecewa. Karena selama ini rainbow rose itu dibikin dengan rekayasa memakai prinsip kapilaritas. Jadi bukan berarti ada lho biji mawar pelangi, nonsense banget! Ditambah lagi harga seed yang mahal dan juga menumbuhkan mawar dari seed itu bukan pekerjaan yang gampang. Rose is a kind of flower that hard to grow. Asal muasal dari mawar pelangi adalah mawar putih yang tangkainya di belah menjadi beberapa bagian dan dicelupkan ke dalam pewarna sehingga terjadi lah mawar rainbow (step by step detailnya ada di youtube), dan sudah jelas itu murni rekayasa, bukan tanaman asli yang bewarna-warni. Bahkan di forum luar sendiri udah banyak grower yang wanti-wanti soal keberadaan mawar rainbow yang palsu banget, kebanyakan sellernya sih beredar di e-bay.

Keempat, ada juga anggur rainbow. Aduh please deh! #speechless

So, hati-hati yah buat para buyer juga seller atau dropshipper. Jangan sampai nama baik anda tercemar hanya karena Anda mendropship cabe rainbow yang nantinya malah tumbuh cabe rawit #ehh. Mana harganya lumayan mahal, sementara bagi para grower di Indonesia harganya udah cukup murah karena udah banyak yang nanam. Ya syukur-syukur kalau yang nongol rainbow beneran, kalo engga gimana coba? Saran saya, kenali dulu barang yang akan Anda jual (dropship) sebelum anda kena bully oleh grower beneran, hehehe).

Satu hal lagi, jenis-jenis cabe rainbow di atas itu udah lama lho di kembangkan oleh para pepper lovers di Indonesia, jadi hoax banget yang bilang kalo varietas tersebut belum ada beredar di Indonesia. Uffhh…

 

 

9 thoughts on “Trend Cabe Rainbow Di BBM

  1. Tomat ungu ready mba, harga 10 rb isi 10 biji. Klo bolivian rainbow ga ada, yg mawar ungu juga gak ada, hoax soalnya😀

  2. saya sudah beli mulai mawar rainbow sampai grape/anggur rainbow jg, saat searching cara nanamnya,sampailah di amazon, ternyata trend ini sudah pernah merebak di luar tahun lalu, dan fix SCAM alias penipuan
    – bibit ga akan pernah tumbuh
    – cara apapun buat bikin germinasi adalah mustahil
    – dari kemasan kecuali rainbow rose, menembak kemasan mr fothergills
    – masa kemasan mawar eh keterangannya ‘pepper’
    – lucunya, isi bibit grape rainbow dgn mawar rainbow sama persis

    bibit tsb sudah saya buang di pekarangan pojok, pastilah mukjijat andai tumbuh
    hehehe kasian sekali yg beli banyak

  3. waduhhh.. sayang banget om klo udah kebeli? harganya mahal ya?

    iya kmaren di FB beredar kemasannya, cetakannya burem nyatut nama Mr. Forthergills, tapi atasnya unnown seeds, hadehh😀

  4. Lumayanlah utk harga sebuah keingintahuan dan pengalaman,meski begitu masih belum kapok antusiasme saya di penghijauan hehehe lg pula ada gunanya jg akhirnya bisa wanti2 org2 terdekat
    Oh ya ada sedikit wanti2 jg apabila membeli benih tomat dan benih cabai unik spt trinidad, bhut jolokia, ataupun habanero ,terutama yg jual bibit pabrikan, bukan hasil kebun sendiri
    jgn kalap beli banyak, coba sedikit dulu

  5. hihihi iya om, pengalaman emang mahal harganya ya😀

    saya kalo beli benih cabe, hasil kembangan dari temen2 yang udah nanam om, hasil tanamannya yg dijual kembali, kalo yg pabrikan saya ogah.. ato klopun mau yg dari luar, ya beli langsung dari yg import, misalnya dari pepperlover, mojo, hasil dari grower di luar negeri, lebih aman😀

  6. Yang bikin ketawa…ada seller yang ngotot ngaku kalo seed rainbow grapenya buatan mr.fothergills.. ternyata produsennya mencatut logo dan karakteristik kemasan mr.fothergills..

    Thx infonya… bermanfaat sekali🙂

  7. iya mba, seed si Mr banyak dipalsuin skrang, kemasannya burem, pokoknya ga meyakinkan banget.. klo mau aman, cek aja katalog seednya di situsnya si Mr, hehehe😀

  8. 😄😄😄😄😄
    Gitu beli baru terpikir cari info nya.
    Hmmmm.
    Mahal memang ya pengetahuan.
    Semoga lh ada keajaiban dan cabai rainbownya tumbuh dan berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s