Menanam Cabe Carolina Reaper

Menanam Cabe Carolina Reaper

Carolina Reaper

Carolina Reaper

Dahulu saya mendapatkan bibitnya dengan import lewat teman di kaskus, lalu menanam cabe Carolina reaper itu sendiri diperlombakan. Alhamdulillah dapat memperbanyak bijinya walaupun bisa dibilang setengah gagal, karena cabe layu beberapa hari sebelum dipanen.

Pada awalnya, menanam carol itu membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. karena seperti biasa, cabe-cabe import dengan level superpedas membutuhkan waktu agak lama untuk tumbuh, berkembang dan menjadi bunga. Belum lagi masalah kerontokan bunga yang membuat banyak cabelovers tidak sabar dan putus asa.

Harga

Pertama kali beli, karena masih import dan belum ada di Indonesia, cabe ini saya beli dengan harga Rp. 35.000/benih. Mana dapatnya cuman satu, gara-gara tertahan oleh cukai.

Masa Germinasi

Cabe pedas membutuhkan masa germinasi minimal satu minggu, hingga satu bulan. Kadang-kadang, dalam masa menunggu tersebut, tidak jarang kita lupa untuk mengecek kondisi metan apakah masih lembab atau sudah kering. Jika kering, maka kemungkinan gagal akan semakin besar. Idealnya, media semaian harus selalu lembab agar benih dapat berkecambah. Pertama kali menanam cabe ini, saya harus bersabar selama 13 hari sampai benih berkecambah😀

Masa berbunga – Berbuah

Carolina Reaper

Carolina Reaper

Carolina Reaper

Carolina Reaper

Carolina Reaper

Carolina Reaper

Dibutuhkan kurang lebih 2 bulan semenjak benih tumbuh hingga memasuki masa berbunga. Masalah rontok adalah biang kerok utama yang membuat grower hopeless. Namun sebenarnya, cabe superpedas hanya rontok di awal-awal bunga saja. Rontok bunga bisa diakali dengan pemberian pupuk yang mengandung P dan K untuk merangsang bunga dan buah. Jangan beri unsur N saat cabe memasuki masa berbuah.

Panen

Dari bunga ke panen, dibutuhkan waktu kurang lebih 1.5 – 2 bulan. Lama juga ya😀. Tapi semua perjuangan tersebut akan terbayar ketika melihat buah carol yang merah menggoda, hehehe😀

Carolina Reaper

Carolina Reaper

20 thoughts on “Menanam Cabe Carolina Reaper

  1. ga tau saya mba, kmaren tu kan temen import nya dari US, jadi dikirim ama sellernya 2x kirim ga skalian banyak2 krna nanti takut ketahan katanya.. ehh ga taunya kena juga 1 amplop😦

    mo ditebus, sayang duitnya hampir sama ama beli baru keknya😀

    emang sih dikirimnya kek surat gitu, apa mungkin diperiksa juga kali ya mba? klo biasanya import yg dari europe ga pernah kena, tapi dari US banyak yg kena

  2. Klo bentuk umbi aku memang kuatir deh krn klo pas ada kasus narkoba, semua paket jd dibuka, dan klo ketauan isi paketnya umbi tanaman kadang lolos, kadang ditahan. Makanya aku belakangan ga mau lagi banyak kirim berupa umbi, enak yg berupa benih krn dianggap dokumen.

    Dari pengalamanmu ini berarti aku harus hati2 juga nih ngirim berupa benih ga banyak2.

  3. iya mba, jadi deg2an klo nunggu benih dari luar, ada sih jasa import di kaskus gitu cuman blom pernah nyoba juga sih aman pa ngga nya.. tpi keknya pngalaman temen2 sih yg dari eropa kebanyakan lolos deh mba

  4. lho? harusnya sih 3 bulan dah mulai berbunga. udah berbunga om? apa rontok atau ga ada bunga sama sekali?
    coba aplikasikan pupuk buah om, TSP campur KCL 1 sdt/polibag buat merangsang buahnya

  5. Pingback: Carolina Reaper on going progress | DLaction

  6. mba cabenya di jual ga ya??
    kalo di jual saya berani beli pergram mba, soalnya penasaran banget ama pedesnya mba, mau beli susah nyarinya kebanyakan jual bibit mba, nih email saya mba, mohammadfazris@yahoo.co.id
    di tunggu ya mba, thanks

  7. saya ada jual buahnya dan serbuk nya om
    cuman skarang lagi abis, buahnya blom ada yg matang.. nanti dikabari ya

  8. Sory mau tanya, kan kmren aku pesen nih carolina reaper

    Cuman aku tinggal di sby yg trmsuk dataran rendah ( panas ) apa bisa tumbuh ya si carolina reaper

    Udh terlanjur beli benihnya tpi takut g tumbuh

    Tolong pencerahannya ya, terimakasih . . ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s