Cara Cepat Menyemai Cabe

Bagi sebagian orang, menyemai cabe ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada yang paling cepat seminggu sudah sprout, ada juga kategori superhot yang baru sprout setelah satu bulan! Ada yang bahkan tidak sprout sama sekali disebabkan oleh banyak hal, biji kurang fresh, kelembaban tidak terjaga, cara semai yang salah, media semai yang tidak cocok, semaian berjamur, benih busuk, bahkan sampai biji cabe nya hilang karena dibawa kabur oleh semut! Hihihihhi, saya pernah ngalamin lho!

Berikut ini saya kasih tips gampang dan cepat untuk semai cabe.

  1. Siapkan benih cabe yang akan di semai
  2. Siapkan tissue, gunting kuku, air bersih, wadah semai, pinset, dan label untuk cabe
  3. Gunting sedikit ujung benih cabe (tempat keluar akar pertama kali) dengan gunting kuku. Inget yah, guntingnya jangan kebanyakan, nanti akarnya cacat. Hal ini bertujuan supaya akar cepat keluar dan tidak terhalang oleh cangkang benih. Mohon maaf saya ga punya fotonya, karena ga bisa motret mikro lewat kamera pocket,😀
  4. Siapkan tissue dan taruh dengan rapi di atas wadah. Semprot dengan air sampai lembab.DSCN5870 copy
  5. Letakkan benih cabe seperti gambar di bawah iniDSCN5873 copy
  6. Setelah itu semprot lagi biji cabe dengan spray halus. Inget ya, tissue ga boleh sampe terlalu basah alias tergenang oleh air.
  7. Sungkup dengan plastik hitam. Kresek aja boleh lahDSCN5890 copy
  8. Taruh di tempat yang hangat, seperti di atas kulkas, CPU (saya taruh di atas UPS)
  9. Jangan lupa untuk cek semaian 2-3 hari berikutnya.
  10. Voilaa!! Seed cabe ini saya semai hari minggu malam tanggal 27 September, dan siang ini 29 September udah muncul akar!DSCN5884 copy
  11. Ambil benih dengan hati-hati menggunakan pinsetDSCN5886 copy
  12. Pindahkan ke media semai berikutnya, tanah, cocopeat, rockwool, sekam bakar, perlite, dsb.
  13. Saya pindah semai ke media tanah campur sekam bakar. Siram dengan air sampai lembab (jangan sampe basah!). Lubangi sedikit dan taruh benih di dalam lobang tersebut, lalu tutup kembali.DSCN5888 copy
  14. Kalo bisa di sungkup lagi ya teman-teman, biar ga terjadi banyak penguapan sampai benihnya tumbuh dengan sempurna.DSCN5889 copy
  15. Begitu kotiledon telah muncul, keluarkan dan taruh ditempat terang namun teduh agar benih tidak etiolasi dan buka sungkupnya.DSCN5916

2 thoughts on “Cara Cepat Menyemai Cabe

  1. Keren blog-nya! Nemu blog ini gak sengaja, pas nyari-nyari info ttg cara semai cabe dan tomat, eh semua info ketemu disini… Makasih banyak ya… Baru mau belajar nanem, nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s